LAMURIONLINE.COM | KOTA JANTHO - Capaian kinerja indikator pembangunan Kabupaten Aceh Besar pada Indeks Desa Membangun (IDM) terlihat cenderung terus mengalami peningkatan secara bertahap.

Hal itu sebagaimana disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP MM melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Kabupaten Aceh Besar Carbaini S.Ag, Kamis (3/8). 

"Capaian kinerja indikator pembangunan dari sisi Indeks Desa Membangun, Aceh Besar terus mengalami peningkatan secara bertahap," kata Carbaini.

Hingga tahun 2023, grafik IDM Kabupaten Aceh Besar dapat digambarkan terjadi peningkatan hingga 2 kali lipat. Dalam setahun, pertumbuhan gampong dari maju menjadi mandiri. Gampong mandiri tumbuh menjadi 29 gampong pada tahun 2023 dari sebelumnya 15 gampong pada tahun 2022.

"Tahun ini terdapat 29 gampong mandiri, 165 gampong maju, 394 gampong berkembang dan tersisa 16 gampong yang masih dalam kategori tertinggal," sebutnya.

Carbaini juga mengatakan pemanfaatan dana desa secara tepat sasaran, mengacu pada kepentingan masyarakat, secara langsung telah meningkatkan perekonomian, menjaga inflasi dan telah memberikan kemudahan akses melalui pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya.


"Peningkatan IDM merupakan dampak dari pemanfaatan DD secara tepat sasaran, mengacu pada kebutuhan masyarakat setempat," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih atas arahan dan bimbingan Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar selaku kepala daerah dan Sektretaris Daerah, serta Bappeda dan segenap stakeholder yang telah mendukung dan bersinergi dalam pembangunan desa di Aceh Besar. 

"Semua berkat arahan dan bimbingan Pimpinan Daerah serta dukungan semua stakeholder dalam membangun desa di Aceh Besar," demikian kata Carbaini. (*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top