LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid (BKPRMI) Provinsi Aceh, Dr Mulia Rahman SPdi MA menyebut Festival Anak Shaleh (FASI) memiliki peran penting dalam mendidik generasi muda yang tangguh adalah hal yang sangat relevan dan bermakna. 

"Festival seperti ini memainkan peran yang signifikan dalam perkembangan dan pendidikan generasi muda di berbagai komunitas, terutama dalam konteks keagamaan dan budaya seperti di Aceh," ujar Mulia Rahman dalam sambutan pembukaan FASI Tingkat Kecamatan Indrapuri, Sabtu (7/10) di Kompleks Aula Kantor Camat Indrapuri

"Festival Anak Shaleh adalah acara yang dirancang untuk menghimpun anak-anak dari berbagai latar belakang untuk belajar dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang memperkuat nilai-nilai agama, moralitas, dan budaya. Acara semacam ini bisa menjadi sarana yang efektif untuk mendidik generasi muda tentang pentingnya nilai-nilai keagamaan, kejujuran, kebaikan, dan tanggung jawab sosial" tambahnya.

"Dari kegiatan FASI ini, memberikan makna bahwa BKPRMI juga mampu selalu aktif, organisasi ini adalah organisasi yang paling banyak pahalanya" imbuhnya

Mulia Rahman membeberkan beberapa alasan FASI memiliki peran penting dalam mendidik generasi muda yang tangguh, diantaranya pembelajaran nilai-nilai keagamaan, dimana Festival ini dapat menjadi wadah untuk mengajar generasi muda tentang nilai-nilai agama dan prinsip-prinsip moral yang kuat. 

"Mereka dapat belajar tentang ajaran agama, kehidupan Nabi Muhammad SAW, dan bagaimana menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari," ujar Dr Mulia Rahman yang juga Calon DPD RI Dapil Aceh ini.

Selain itu sebutnya, melalui berbagai kegiatan aneka lomba, generasi muda dapat mengembangkan karakter yang kuat, termasuk ketabahan, disiplin, dan kepedulian terhadap sesama. FASI juga dapat menjadi platform untuk mengembangkan keterampilan dan bakat anak-anak di bidang agama. Ini membantu mereka tumbuh sebagai individu yang berbakat dan kompeten.

FASI sendiri sebagai bagian dari Bidang LPPTKA di organisasi BKPRMI yang merupakan agenda tahunan. Mulai tingkat Provinsi, Kabupaten hingga Kecamatan. Di Kecamatan Indrapuri, FASI baru pertama sekali digelar dibawah payung DPK BKPRMI bekerjasama dengan Forum Ukhuwwah, LPTQ, dan OKP Ippemidra yang memperlombakan aneka lomba dan seni islami. Sementara untuk tingkat Kabupaten Aceh rencananya digelar 26 - 29 Oktober di Kompleks Masjid Lamcot, Aceh Besar.

"Penting untuk menjaga dan mendukung festival semacam ini karena mereka dapat membantu menciptakan generasi yang memiliki dasar moral dan agama yang kuat, serta keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan masa depan. Selain itu, festival ini juga dapat memperkuat identitas budaya dan keagamaan dalam masyarakat Aceh, menjaga tradisi dan nilai-nilai yang penting bagi komunitas tersebut" demikian Ketua BKPRMI Aceh, Dr Mulia Rahman.

Editor: Cek Abrar

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top