lamurionline.com -- Aceh Besar -- Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar telah berhasil melaksanakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) untuk siswa kelas 12 pada periode 2 tingkat nasional. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 13-16 November 2023 di Laboratorium Komputer MAN 4 Aceh Besar.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Eva Maulida SPd MPd, menyatakan bahwa pelaksanaan ABM berjalan lancar dan tertib. Meskipun terdapat kendala teknis terkait server dan jaringan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan sigap oleh proktor dan teknisi.

Eva Maulida menjelaskan, "Alhamdulillah sudah selesai AMBnya, dari segi kesiapan siswa berjalan lancar dan tertib. Kita masuk dalam periode 2 tingkat nasional pelaksaan AMB ini, sebelumnya kita telah melakukan kegiatan simulasi pada tanggal 1-3 November 2023. Meskipun ada kendala teknis, namun dapat ditangani dengan cepat oleh proktor dan teknisi. Setelah ini kita hanya menunggu hasil dari pusat", jelasnya.

Total 158 siswa kelas 12 yang ikut serta tanpa ada yang absen, Eva menekankan pentingnya kegiatan ini dalam memetakan bakat dan minat siswa untuk mendukung keputusan mereka dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan memahami kebutuhan mereka ke depan.

Kepala MAN 4 Aceh Besar, Muhammad SPd, turut mengapresiasi kelancaran pelaksanaan ABM dan mengakui signifikansinya dalam membantu siswa memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan potensi mereka.

Merujuk kepada Juknis Asesmen Bakat Minat 2023, ABM adalah tes yang mengukur potensi setiap peserta didik untuk memprediksi kemampuan dan ketertarikannya di bidang-bidang tertentu. Potensi yang dimaksud berkaitan dengan bidang pendidikan dan pekerjaan.

Artinya ABM merupakan tes yang berfungsi mendeteksi bakat yang dimiliki seseorang dan kecenderungan minatnya. Bakat dan minat peserta didik ini akan dipetakan berdasarkan sejumlah aspek yang terukur.

ABM tidak sama dengan tes prestasi yang mengukur level kemampuan akademik. Sebab, Asesmen Bakat Minat tidak dirancang mengikuti silabus mata pelajaran tertentu. Kualitas jawaban dalam ABM akan bergantung pada daya nalar peserta tes.

ABM 2023 dilaksanakan dengan tes berbasis komputer secara online (CBT Online). Dalam praktiknya, ABM 2023 dipilah menjadi dua macam tes. Keduanya adalah tes bakat dan tes minat.

Tes bakat terdiri atas 140 butir soal yang harus dikerjakan maksimal selama 120 menit. Terdapat 7 subtes dalam asesmen bakat, yakni verbal, kuantitatif, penalaran, figural, mekanikal, penggunaan bahasa, dan klerikal.

Begitu juga dengan tes minat tersaji dengan 108 butir soal yang harus dikerjakan paling lama 30 menit. Tes ini setidaknya terbagi menjadi 3 aspek, yakni minat dasar, minat metodis, dan minat praktis.

ABM kelas 12 merupakan program Kemdikbudristek. Pelaksanaan ABM melibatkan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan.

Tujuan ABM adalah mengumpulkan informasi tentang potensi murid di bidang-bidang tertentu berdasarkan sejumlah aspek yang terukur.

Hasil ABM akan disampaikan kepada peserta didik, sekolah, dan orang tua/wali sehingga bisa menjadi petunjuk untuk pengembangan diri setiap peserta didik. Dengan adanya petunjuk yang jelas, proses pengembangan diri peserta didik akan lebih terarah dan terencana.

Hasil ABM dapat membantu peserta didik saat akan memilih jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mengembangkan potensi di lingkungan dan situasi baru nantinya.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top