lamurionline.com -- Kutacane - Ketua Forum Ukhuwwah Qari dan Hafizh Aceh (FUQAHA), T. Mardhatillah, SHI, MH, telah menjadi narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi dewan hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kabupaten Aceh Tenggara. Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu dan Ahad, 16 - 17 Desember 2023, di komplek SKB Kutacane, Aceh Tenggara.

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tenggara, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 116 peserta yang mewakili 16 kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara. Para peserta adalah dewan hakim yang bertugas di tingkat kabupaten dan kecamatan dalam acara MTQ di wilayah tersebut. Harapannya, melalui Bimtek ini, akan terjadi peningkatan kapasitas dan kompetensi para dewan hakim MTQ di kabupaten tersebut, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi partisipasi putra-putri Aceh Tenggara dalam MTQ tingkat provinsi Aceh di masa mendatang.

Dalam bimtek ini, terdapat empat cabang utama yang dibahas, yaitu Tilawah, Qiraat Sab'ah, Tahfizh, dan Syarhil. Narasumber yang berasal dari Provinsi, seperti Ust H. M. Iqbal Hasan, SHI, Ust H.M. Yusuf Jamil, MA, dan Ust Yudi Ikhwani, MA, yang mendampingi Ust Mardhatillah sebagai narasumber. Materi yang disampaikan tidak hanya teori, tetapi juga melibatkan praktik penilaian langsung.

Ust Mardhatillah, yang juga menjabat sebagai Kasi Bimbingan dan Pelatihan UPTD PPQ DSI Aceh, menjelaskan, "Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan di setiap kabupaten/kota di Aceh agar kemampuan para dewan hakim di daerah terus ter-update dan ter-upgrade." Dia juga menambahkan bahwa tahun ini beberapa kabupaten/kota telah melaksanakan Bimtek serupa, antara lain Kabupaten Simeulu, Aceh Barat, Aceh Tenggara, dan Kota Sabang.

Bimtek ini diharapkan menjadi salah satu langkah penting dalam memperkuat dan meningkatkan kualitas serta kompetensi para dewan hakim MTQ, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi terbaik dalam memajukan peran putra-putri Aceh Tenggara dalam event-event MTQ tingkat provinsi Aceh pada tahun-tahun mendatang.(Cek Man/*)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top