LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - MIN 13 Cot Gue Aceh Besar  kembali salurkan wakaf Siribee (wakaf seribu). Dari sejak dibuka tabung amal mulia ini, MIN 13 sudah tiga kali salurkan wakaf Siribee. Meskipun dalam jangka waktu yang panjang baru dapat disalurkan lagi, mengingat keadaan ekonomi orang tua murid yang rata-rata rendah. Untuk itu kotak amal dikeluarkan seminggu sekali setiap Senin selesai upacara bendera. 

Penyaluran pertama dilaksanakan 28 November 2022 yang serahkan kepada pembangunan masjid Al-Faizin Kecamatan Darul Imarah Aceh Besar, dengan jumlah Rp 2.500.000. Yang diterima oleh salah seorang panitia pembangunan masjid pada perayaan maulid Nabi saw. Jumlah yang tidak terlalu banyak akan tetapi berguna dan insya Allah berkah. 

Penyaluran kedua dilakukan untuk pembangunan Madrasah MIN 13 Aceh Besar yang sedang mengadakan penambahan lokal. Diserahkan Selasa, 18 Juli 2023 sebasar Rp 1.560.000. Yang diterima oleh kepala Madrasah Jufruddin S.Ag. Dengan semboyan,  Dari kita untuk kita, suatu hal yang sangat membahagiakan”. Walau dengan jumlah yang tidak banyak, namun dengan semangat berwakaf bersama dapat meningkatkan amal ibadah untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk orang banyak. 

Sedangkan penyaluran wakaf yang ketiga pada Selasa, 28 November 2023 sebesar Rp 2.000.000. Penyaluran ini juga diserahkan untuk bantuan pembangunan Madrasah MIN 13 Aceh Besar, yang dilakukan bertepatan dengan perayaan maulid Nabi saw di Cot Gue halaman Madrasah MIN 13 Aceh Besar.

Jika dihitung masanya, usia Wakaf Siribee di MIN 13 Aceh Besar telah berusia hampir satu tahun. Seiring berjalannya waktu, amalan saleh pun terus berjalan. Ibarat pepatah sambil menyelam minum air. Sambil melatih anak-anak beramal secara nyata juga berkesempatan menuai pahala amal jariah. 

Kepala Madrasah Jufruddin berharap, agar guru terus menerus memberi motivasi kepada anak didik. Dengan cara menjadi motivator bagi anak didik, sehingga mereka dapat meneladani kisah nyata ini. Tanpa adanya dorongan dari guru, mustahil anak-anak dapat melakukannya. Memberi semangat sambil beribadah sosial untuk menunjang ubudiah kepada Allah Swt. 

Kegiatan wakaf ini bek lagee iku tikoh (jangan seperti ekor tikus). Pangkalnya besar, akan tetapi semakin lama semakin mengecil hingga akhirnya hilang. Tipe  anak-anak harus selalu diingatkan, karena mereka belum memiliki prinsip sendiri, sehingga selalu butuh diingatkan berulang kali. 

Mendidik anak secara nyata akan lebih cepat berkesan dan membekas dalam jiwa mereka. Teori tanpa praktik bisa hilang begitu saja tanpa makna. Oleh karenanya, pendidikan secara nyata seperti praktik wakaf Siribee sangat besar manfaatnya. 

Kotak amal ini tidak hanya dikhususkan untuk warga sekolah saja, tetapi diharapkan bagi orang tua murid yang mau berwakaf dapat ikut bergabung. Agar kita bisa seiring sejalan bersama-sama menuju ridha Allah Swt. Paling tidak, oarang tua murid dapat memberi dukungan dan partisipasi kepada anak-anaknya untuk berwakaf. Dengan cara  memberi uang lebih di hari wakaf untuk dimasukkan ke kotak wakaf. 

Jangan menganggap remeh dengan kotak amal yang kecil, tetapi lihatlah manfaatnya yang begitu besar. Pahala amal jariah dan kebaikan berlimpah ruah bagi wakif. Dalam Al-Quran surat Ali Imran ayat 92 Allah Swt berfirman, "Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebaikan yang sempurna, sebelum kamu menafkahkan  sebahagiaan harta yang kamu cintai."

Allah Swt meminta hambanya berinfak harta yang dicintai. Bukankah Wakaf Siribee begitu ringan dan mudah  pelaksanaannya. Tidak memberatkan dan tidak merepotkan. Mari kita ringankan tangan, menyumbang Wakaf Siribee untuk kebahagiaan dunia akhirat. Yakinlah, ridha Allah menanti mereka yang ikhlas beramal. (Juariah Anzib)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top