lamurionline.com -- Banda Aceh --  Penceramah Masjid Raya Baiturrahman (MRB),  Banda Aceh, Ustaz Dr. H.A. Mufakhir Muhammad MA, menyampaikan pendangannya terkait penanganan narkoba di Aceh. Ia menyarankan solusi permanen untuk mengatasi permasalahan serius ini di Aceh. 

“Kita harus kembali kepada ajaran Islam dalam upaya memberantas penyalahgunaan narkoba,” ujar Ustaz Mufakhir kepada media di Banda Aceh, Selasa, (16/1/2023). 

Dalam kaitan ini, Ustaz Mufakhir mengapresiasi penegakan hukum yang dilakukan Kepolisian Daerah (Polda) Aceh yang telah menangkap 58 tersangka kasus narkoba sepanjang Januari tahun 2024. Dari jumlah tersebut, satu di antaranya perempuan.  

“Sedangkan pengungkapan kasus narkotika di Aceh sebanyak 46 kasus narkotika,” kata Wakapolda Aceh, Brigjen Armia Fahmi, saat konferensi pers pengungkapan narkotika di Mapolda Aceh, Senin (15/1/2024).  

Fahmi merinci, dari 46 kasus tersebut, tujuh kasus sabu, 38 kasus ganja, dan satu kasus ekstasi. Sementara barang bukti yang diamankan 32,1 kilogram sabu, ganja 80,5 kilogram dan pil ekstasi 5.000 butir.

Selanjutnya, Keluarga Besar Ikatan Siswa Kader Dakwah (Iskada) ini menguraikan solusi permanen untuk mengatasi permasalahan narkoba, yang pertama harus bersungguh-sungguh mengerjakan shalat sebagai fondasi dalam menghindari penggunaan narkoba. “Shalat adalah sarana memperkuat ketaqwaan kepada Allah dan menumbuhkan kesadaran beribadah,” ujarnya.

Menurutnya, para penyandang narkoba perlu segera melakukan taubat kepada Allah Swt. Taubat ini untuk memperbaiki diri dan menghindari berbagai bentuk kemungkaran. Dengan bertaubat dan mendekatkan diri kepada Allah Swt, akan cukup membantu pemulihan dan pada akhirnya meninggalkan total narkoba.

“Menjauhi perbuatan maksiat juga merupakan langkah konkret menghindari godaan narkoba. Untuk ini, perlu juga memperkuat pengetahuan keislaman dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Ustaz Mufakhir menambahkan, satu hal patut diyakini bahwa narkoba tidak akan membawa pada kejayaan atau kaya dalam hidup ini. Penggunaan narkoba akan merusak fisik dan jiwa, serta menghancurkan masa depan.

“Keyakinan ini semua yang akan membawa manusia kembali bersih, sehat, dan  tidak akan mau lagi terlibat maksiat dalam narkoba,” pungkasnya. (Sayed M. Husen)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top