* Sekaligus Pelantikan Remaja Masjid Baru


LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - Sebanyak Seratus Enam Puluh Peserta utusan 5 gampong di Kemesjidan Asy Syuhada Lampanah meriahkan Musabaqoh Tilawatil Qur'an Ke-XLIV (44) yang digelar Remaja Mesjid Asy Syuhada Lampanah Kecamatan Indrapuri yang dilaksanakan mulai tanggal 20 - 27 Maret di Masjid setempat.

Agenda rutin ramadhan tersebut dibuka oleh Imum Mukim Reukih, Mahya Zakwan SAg mewakili Camat Indrapuri. Turut hadir Koramil, polsek, imam masjid, Keuchik se kemesjidan Asy Syuhada, imam meunasah, para pengurus remaja masjid dan masyarakat setempat, Rabu (20/3/2024).

Mahya Zakwan mengapresiasi pelaksanaan pembukaan MTQ XLIV tersebut. Ia mengatakan perhelatan MTQ merupakan wujud dari proses melatih mental para generasi muda untuk tampil diatas panggung dengan menampilkan keahliannya dihadapan audiens.

"Ini adalah wujud melatih mental generasi muda untuk tampil diatas panggung, untuk melatih diri," katanya.

Baca Juga: Pengurus Remaja Masjid Asy Syuhada Lampanah Periode 2024 - 2026 Dilantik BKM

Ia mengatakan patut bersyukur dengan adanya dan eksisnya remaja masjid maka kegiatan keagamaan seperti ini selalu terlaksana dengan baik. "Harapannya semoga sampai malam terakhir kita ramaikan kegiatan ini agar panitia pelaksana juga merasa bangga atas dukungan kita," lanjut Mahya. 

Mahya juga mengungkapkan nantinya para peserta di tingkat kemesjidan/gampong bisa terus dibina hingga tahap selanjutnya. Mahya menyebut, di tingkat kecamatan sebelum pelaksanaan MTQ Kecamatan ada STQ untuk seleksi peserta. Setelah MTQ kecamatan hasilnya peserta terpilih akan dilombakan di tingkat kabupaten hingga provinsi. 

Usai sambutan, Mahya langsung membuka kegiatan yang disambut tepuk tangan hadirin. 



Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, M Haikal Putra dalam laporannya menyampaikan MTQ telah menjadi rutinitas remaja masjid Asy Syuhada untuk mengasah kemampuan dan mengisi kegiatan malam di Bulan Ramadhan.

Selain itu, sebut Haikal, Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dan Imam Masjid selalu memberikan kontribusi dan arahan selama persiapan kegiatan. Dukungan juga datang dari putra Lampanah yang saat ini menjabat anggota DPRK Aceh Besar, Hanifullah SAg yang selalu mensupport terlaksananya kegiatan ini tiap tahunnya.

"Cabang yang diperlombakan antara lain azan, tartil quran, susun huruf hijaiyah, tahfiz, shalat shubuh, pidato bahasa Aceh, syarhil, cerdas cermat dan tilawah," sebutnya.

Di sesi pembukaan itu, juga dilakukan penyerahan piala bergilir dari  Gampong Lampanah Ranjo yang merupakan peraih juara umum MTQ yang lalu serta pelantikan pengurus Remaja Masjid periode 2024 - 2026.

Pembukaan MTQ XLIV tingkat Kemasjidan tersebut ditutup dengan doa oleh Tgk M Nasir Usman.

Reportase: Cek Abrar/Cek Man

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top