lamurionline.com -- Sigli – Penjabat (Pj) Bupati Pidie Ir Wahyudi Adisiswanto MSi membagikan daging meugang kepada masyarakat miskin ekstriem kaum dhuafa dan disabilitas dalam menyambut bulan suci Ramadan 1445 H, di Masjid Agung Alfalah Sigli, Minggu (10/3/2024).

Untuk kebutuhan tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pidie menyembelih 35 ekor Sapi meugang dengan rincian Pemkab Pidie sebanyak 34 ekor dari SKPK dan Lembaga, namun ditambahkan oleh satu ekor PT SPMT (anak perusahaan PT Pelindo).

“Lembu bantuan Pemkab Pidie itu, sebanyak 24 ekor disembelih di Masjid Agung Alfalah Sigli. Sedangkan sisanya sebanyak 11 ekor lembu yang dikirim itu akan disembelih di kecamatan,” kata Fazli, MSi, Kepala Dinas Syariat Islam Pidie, kepada media ini.

Ke 11 kecamatan itu meliputi Kecamatan Muara Tiga, Batee, Kembang Tanjong, Glupamng Tiga, Glumpamg Baro, Tiro Titeu, Keumala Tangse, Mane, dan Kecamatan Gempang.

Bedasarkan data yang peroleh dari Dinas Syariat Islam Kabupaten Pidie sebelas kecamatan akan diserahkan sapi disembelih di kecamatan dan sisanya 12 kecamatan diserahkan dalam bentuk paket yang diwakili oleh camat setempat.

Kapala Dinas syariat Islam Fazli menyebutkan, w35 ekor sapi untuk bantuan warga miskin yang disumbangkan oleh Pj Bupati Pidie, Wahyudi Adisiswanto dua ekor, dan Sekda Pidie, Samsul Azhar dua ekor, serta Sekretariat Setdakab Pidie tiga ekor, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pidie tujuh ekor, RSUD Tgk Chik Di Tiro Sigli dua ekor, dan Bank Aceh Syariah Sigli dua ekor.

Kemudian dari, RSUD Tgk Abdullah Syafi’i satu ekor, Keluarga Ureung Pidie atau Kupi Jakarta satu ekor, Dinas Kesehatan Pidie satu ekor, serta Dinas PUPR Pidie satu ekor, Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pidie satu ekor, Dinas Perkim Pidie satu ekor, serta Dinas Pertanian dan Pangan Pidie satu ekor.

Selanjutnya, Sekretaris DPRK Pidie, DPMG dan Kesbang satu ekor, Dinas Kependudukan, Dinas Syariat Islam Pidie dan Dinas Pendidikan Dayah Pidie satu ekor. DPMPTSP, BPKK, dan PDAM Sigli satu ekor, BKPSDM, Dinas Perpustakaan dan Arsip Pidie, MPD dan MAA, Ketua Konsorsium Bawang Merah, Zakaria satu ekor, dan pengusaha Beureunuen, Haji Jamal Abadi satu ekor. PT SPMT (anak perusahaan PT Pelindo) menjadi jumlah total sungan sapi untuk disembelihkan sebanyak 35 okor sapi.

Pj Buapti Pidie Wahyudi Adisiswanto, mengatakan, daging bantuan itu diserahkan kepada penerima masyarakat atau keluarga dengan kategori miskin ekstrem kaum dhuafa dan disabilitas.

“Semua bantuan sapi yang dikumpulkn dari para darmawan berhasil kita kumpulkan untuk disembelih dibagikan kepada warga kurang mampu miskin ekstriem di 23 kecaman di Pidie,” kata Pj Bupati Pidie.

Kemudian juga menyampaikan ini tradisi memuliakan Ramadhan yang telah lama ditinggalkan oleh Sultan Iskandar Muda, namun bukan megangnya yang ditinggqlkan akan tapi mengumpulkan sapi-sapi dari para dermawan.

“Kita mengupayakan untuk menghidupkan kembali budaya yang telah ditinggalkan oleh sultan Iskandar Muda berserta berhasil mengumpulkan sapi-sapi untuk nanti dipotong dan dibagikan kepada Kaum Dhuafa,” ujarnya.


Pj Bupati Pidie juga menyampaikan, camat mewakilkan untuk dibagi di wilayahnya masing-masing kecamatan berjahuan telah di kirim kan sapi untuk disembelihkan dalam dan diserahkan kepada kaum Dhuafa disabilitas, dan para sapu jalan raya.

“Kita prioritaskan penerima bantuan dagig tersebut untuk orang orang ekonomi rendah,” tuturnya.

Ekonomi juga orang-orang yang punya kekurangan baik secara fisik misalnya aku camat mewakilkan untuk dibagi di wilayahnya masing-masing

Sebelumnya pada hari Sabtu (09/03/2024) siang Pj Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto. M.Si bersilaturrahmi dengan Ketua MPU Pidie. Tgk. H. Ismi A Jalil (Abu Ismi Ilot) di Gampong Ilot Kecamatan Mila.

Kemudian Penjabat Bupati Pidie Ir. Wahyudi Adisiswanto. M.Si juga bersilaturrahmi ke kediaman Abu. H. Mahiddin Ahmad. (Abu Reubee), Pimpinan Pesantren Darul Muta’allimat Al Munawarah. Di Gampong Buloh Kecamatan Delima. (Harmadi).

 
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top