lamurionline.com -- Aceh Besar - Cut Jarita Susanti SPd, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, hari ini meninjau lokasi kegiatan Jambo Apresiasi Seni yang diselenggarakan dalam rangka Kongres Peradaban Aceh II dan perayaan Ulang Tahun Kota Jantho yang ke-40, Selasa, 6 Mei 2024 .

Dalam kunjungannya, Cut Jarita Susanti menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai wujud apresiasi terhadap seniman serta sebagai bagian dari perayaan budaya dan peradaban Aceh. “Kegiatan Jambo Apresiasi ini menjadi bagian integral dari Kongres Peradaban Aceh II serta sebagai bentuk perayaan ulang tahun Kota Jantho yang ke-40,” ujarnya.

Di lokasi, panitia sedang sibuk mempersiapkan panggung penghargaan untuk para seniman. Berbagai penampilan seni telah direncanakan, antara lain Cagok Aceh, Pantomim, Cae Aceh, Balah Panton, tari tradisional, tari kreasi, hikayat, dan pertunjukan musik dari binaan DKA Aceh Besar dan ISBI.

Tidak hanya itu, Jambo Apresiasi Seni ini juga akan menghadirkan narasumber-narasumber terkemuka di dunia seni Aceh. Di antaranya adalah Tejo Cemara dari komunitas teater Aceh, Medya Hus seorang seniman tradisional, serta beberapa narasumber lainnya yang akan memberikan wawasan dan inspirasi kepada para peserta.


Ketua DKA, Mariadi ST, yang didampingi oleh sekretaris Abrar SPd, juga turut mengajak seluruh masyarakat untuk ikut meramaikan acara ini. “Kami mengundang seluruh masyarakat Aceh Besar dan sekitarnya untuk hadir dan meramaikan Kongres Peradaban Aceh II dan Jambo Apresiasi Seni yang akan digelar mulai tanggal 6 hingga 8 Mei 2024,” ujar Mariadi.

Diharapkan dengan kehadiran masyarakat dan dukungan penuh dari para seniman serta narasumber, acara ini dapat menjadi sebuah momen yang berkesan dan diterima oleh Aceh Besar serta memberikan dampak positif dalam pengembangan dan pelestarian seni dan budaya Aceh.(Cek Man/Cek Abrar)

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top