Adv

Adv


Lamurionline.com--PULUHAN anak muda Aceh yang saat ini sedang mengikuti program Sarjana Mengajar di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal atau (SM3T) di Kabupaten Sanggau, pedalaman Kalimantan Barat menggelar kanduri Maulid bersama. Acara itu dilaksanakan di Mess Guru SMP Negeri 1 Sekayam Balai Karangan, Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau, Sabtu 16 Februari 2013.
Acara itu kemudian dairekam dalam bentuk video dan diupload ke malam Youtube. Video yang berdurasi 8 menit 24 detik berjudul Maulid Guru SM3T Aceh di Sanggau. Di awali dengan alunan suara gitar Sape Borneo, video itu memperlihatkan suasana kebersamaan para sarjana dari Aceh yang sedang melaksanakan Maulid. Mereka memasak gulai kambing, kue timphan asoe kaya, dan juga makanan khas Aceh lainnya.
Di dalam video itu juga dimasukkan suara lagu Teuingat u Gampong yang dinyanyikan almarhum Mukhlis Nyawoung ketika masih bersama band Linon.
Salah seorang peserta sarjana mengajar dari Aceh, Akmal M Roem, mengatakan acara tersebut dilakukan untuk merajut kebersamaan antar mereka yang sedang mengikuti program mengajar di pedalaman Kalimantan.
“Jarang-jarang kita berkumpul seperti ini, jarak kita berjauhan di sini. Ini juga bentuk rasa rindu kami terhadap kampung halaman,” kata Akmal kepada ATJEHPOSTcom. Alumni FKIP Unsyiah ini mengatakan, dari 102 orang sarjana Aceh yang berada di sana, 40 orang dapat berkumpul dan melaksanakan acara Maulid. Sedangkan yang lainnya, tidak bisa hadir karena terkendala jarak yang jauh di pedalaman Kalimantan dan juga transportasi yang tidak bisa dijangkau.
SHARE :
 
Top