Lamurionline.com--KETUA Bandung Creative City Forum (BCCF) yang juga dosen arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) M Ridwan Kamil meraih Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania, Amerika Serikat.
"Alhamdulilah saya orang Indonesia pertama yang dapat Urban Leadership Award dari University of Pennsylvania," kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Rabu (27/2/2013). Penghargaan tersebut akan diterima pada 15 Maret 2013. 
Ridwan Kamil menuturkan penghargaan tersebut diberikan untuk pemimpin informal kota atau komunitas yang dinilai peduli dan berhasil memberikan sebuah solusi untuk wilayah tertentu dengan menyeimbangakan sektor sosial, ekonomi dan lingkungan.
"Jadi penghargaan ini diberikan bagi mereka-mereka pemimpin informal artinya bukan untuk pemimpin formal atau kita kenal seperti wali kota atau gubernur," kata dia.
Ridwan mengatakan ia diapresiasi atas usaha dalam program Indonesia Berkebun, Bandung Creative City Forum, dan proyek lainnya sehingga.Selain itu, alasan lainnya mengapa University of Pennsylvania menyematkan penghargaan tersebut kepada dirinya karena negara tersebut terkesan dengan konsep gotong royong masyarakat Indonesia.
"Mereka terkesima dengan budaya asli kita yang tidak ada di mereka, yakni budaya gotong royong. Seperti di Di Kampung Babakan Asih. Blok Tempe Kota Bandung ini," kata dia.
Sebelum tangan dingin Ridwan Kamil menyentuh kawasan Blok Tempe tersebut, warga di sana, khususnya anak-anak dan remaja ternyata kesulitan untuk mendapatkan akses ruang publik seperti tempat bermain atau taman.
"Alhamdulilah, sekarang warga di sini bisa memiliki tempat untuk berkumpul atau bertukar pikiran dan anak-anaknya bisa bermain. Dulunya Blok Tempe ini adalah tempat pembuangan bahan bangunan," kata dia.
Kalau selama ini ia berperan dalam komunitas, Ridwan Kamil berencana maju di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung 2013-2018.
Di Aceh, Ridwan Kamil meninggalkan jejaknya dengan membuat rancangan desain Museum Tsunami. Ia memenangkan lomba merancang museum itu yang dibuat oleh Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias.
"Museum Tsunami adalah proses desain tersulit buat saya. Banyak momen emosional," ujarnya lewat twitter saat mengenang sewindu tsunami pada 26 Desember 2012. | sumber: kompas.com
SHARE :
 
Top