Lamurionline.com—Foto yang menunjukkan Mahmud Ahmadinejad memeluk ibunda Hugo Chavez saat melayat pemimpin Venezuela itu beberapa hari lalu, mengundang hujatan atas presiden Iran tersebut.
Dilansir Associated Press, hari Selasa (12/3/2013) koran-koran Iran mengutip para tokoh agama Syiah di Qom yang menyebut tindakan Ahmadinejad itu “terlarang,” tidak pantas, dan “tindakan bodoh seperti badut.”
seorang tokoh agama Muhammad Taqi Rahbar mengatakan bahwa menyentuh seorang bukan mahram dilarang dalam keadaan apapun, baik itu berjabat tangan atau menyentuhnya di pipi, sekalipun kepada seorang wanita yang sudah tua. Hal itu kata Rahbar, bertentangan dengan martabat seorang presiden Iran.
Ayatullah Muhammad Yazdi, mantan hakim agung dan dan tokoh agama di Qom, mengatakan Ahmadinejad "bertindak bodoh seperi badut" dan pelukannya kepada ibunda Chavez menunjukkan kegagalannya dalam melindungi martabat bangsa dan jabatannya.
Tidak hanya itu, Ahmadinejad dikecam karena menyebut Chavez sebagai “martir” dalam surat belasungkawanya kepada Wakil Presiden Venezuela Nicolas Maduro.
“Pengetahuan anda tentang masalah-masalah agama terbatas dan tidak ada intervensi yang bisa dilakukan dalam masalah ini,” kata Yazdi ditujukan langsung kepada Ahmadinejad.
Sementara itu kelompok reformis Iran mengolok-olok tangisan Ahmadinejad saat prosesi pemakaman Chavez beberapa hari lalu.
“Saya sontak tertawa saat melihat Ahmadinejad menangis dalam dekapan ibu Chavez,” kata Abbas Abdi seorang aktivis dan kolumnis situs independen Iran Aftabnews.
“Jika dia perlu menangis, dia seharusnya melakukan itu untuk rakyatnya yang mati” dalam bentrokan dengan aparat keamanan saat unjuk rasa besar-besaran menyusul terpilihnya kembali Ahmadinejad pada pemilu 2009 yang dipersengketakan, kata Abdi.
Tindakan Ahmadinejad ini, yang namanya semakin tidak populer baik di kalangan rakyat maupun pemimpin spiritual Syiah, sepertinya menjadi mesiu baru dalam pertikaiannya dengan tokoh spiritual Syiah Iran. Baca cuplikan babak lain pertikaian elit Iran dalam berita sebelumnya, Arti Penting Penangkapan Pembantu Ahmadinejad oleh Garda Revolusi.* Sumber : Hidayatullah.com

SHARE :
 
Top