Lamurionline.com--BANDA ACEH | — Sekitar 1.000 personel TNI dan Polri dikerahkan untuk mengamankan jalannya pawai dan kunjungan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Banda Aceh, Kamis (4/4/2013). Jumlah itu masih ditambah anggota Satuan Polisi Pamong Praja.
Kepala Polresta Banda Aceh Komisaris Besar Moffan MK menyebutkan, pasukan yang dikerahkan terdiri atas 1.000 polisi gabungan dari Polresta Banda Aceh dan Polda Aceh. Sementara TNI mengerahkan dua satuan setingkat kompi (SSK) atau 200 personel.
“Mereka mengamankan lokasi pawai, kantor gubernur, DPRA, Bandara Sultan Iskandar Muda, serta jalur yang digunakan rombongan menteri,” kata Moffan kepada wartawan di Meuligoe Gubernur, Kamis (4/4/2013).
Polisi mengerahkan personel sebanyak itu karena memprediksikan peserta pawai bendera Gerakan Aceh Merdeka berjumlah 1.500 hingga 2.000 orang. “Kita menerima laporan banyak kendaraan yang masuk ke Banda Aceh untuk pawai,” kata dia.
Pawai bendera itu sedikitnya diikuti 124 kendaraan roda empat dan seratusan lebih sepeda motor.
Moffan menyebutkan, massa berasal dari tujuh kecamatan di Kabupaten Pidie. “Pawai ini tidak ada izin. Tapi kita mengamankan saja,” uar mantan Kapolres Pidie itu. [ACEHKITA.com ]
SHARE :
 
Top