Lamurionline.com--ACEH BESAR |  – Dinas Sosial Provinsi Aceh bersama Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mulai menyalurkan bantuan kepada 76 warga etnis Rohingya yang ditampung di UPTD Dinas Sosial Rumah Seujahtera, Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Senin (8/4/2013). Bantuan yang disalurkan berupa pakaian, tempat tidur, dan bantuan lainnya.
Pantauan acehkita.com, warga Rohingya ditampung di Ladong untuk proses pendataan dan pengecekan kondisi kesehatan “manusia perahu” ini. Mereka didata tinggi badan dan sidik jari. Setelah pendataan, mereka kemudian diberikan bantuan berupa pakaian, peratan mandi, tempat tidur dan sejumlah bantuan lainnya. Sedangkan makanan merupakan bantuan dari Pemerintah Aceh Besar.

Camat Mesjid Raya, Adnan, mengatakan, sebanyak 76 etnis Rohingya yang terdampar di Pulo Aceh ini ditampung sementara waktu di Ladong untuk pendataan dan selanjutnya menunggu keputusan dari pihak Imigrasi dan Dinas Sosial.
“Selama ditampung di sini, mereka diberikan bantuan dan pengecakan kondisi kesehatan,” kata Adnan.
Adnan menambahkan, warga Rohingya ini akan ditampung di sana selama beberapa hari kemudian tergantung dari pihak Imigrasi dan dinas sosial. “Di sini gak lama. Kemudian mereka akan dipindahkan ke tempat lain,” jelasnya.
Menurutnya, para warga etnis Rohingya ini sempat terkatung-katung di laut lepas selama 10 hari sebelum akhirnya diselamatkan ke Pulo Aceh pada Minggu 7 April kemarin. Saat diselamatkan, mereka dalam kondisi dehidrasi dan kelaparan.
“Tapi sekarang kondisi mereka sudah mulai membaik,” ujarnya. [ACEHKITA.COM]
-----
SHARE :
 
Top