Lamurionline.com--KEPALA Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, H. Ibnu Sa’dan, Kamis kemarin membuka Rapat Koordinasi (Rakor) penyusunan rencana kerja dan anggaran satuan kerja tahun 2014 di lingkungan Kantor Kemenag Aceh Tengah, 4 April 2013.
"Rakor diperlukan untuk merumuskan
program dan kegiatan prioritas," kata Ibnu Sa’dan usai pembukaan rakor yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Tengah, H. Khairul Asmara.
Perlunya pemilahan program prioritas menurut sakdan karena terbatasnya anggaran yang tersedia, sehingga setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan harus jelas target dan manfaat yang dicapai
"Saat ini penggunaan anggaran sangat ketat, karena itu, perlu benar-benar disiapkan perencanaan yang baik," katanya.
Senada dengan penyampaian Sa'dan, Wabup Khairul Asmara juga menekankan pentingnya program dan kegiatan dikoordinir dengan lebih terintegrasi.
Apalagi, menurutnya, sekarang intensitas perhatian pemerintah pusat terhadap penggunaan keuangan negara sangat tinggi, sehingga diperlukan upaya yang terintegrasi untuk melaksanakannya.
Perhatian yang besar tersebut, lanjut Khairul tidak hanya sebatas pada saat pelaksanaan anggaran, maupun pasca kegiatan, namun dimulai dari perencanaan.
"Perencanaan yang baik sangat menentukan keberhasil program," ujarnya.
Menurut Khairul, Kantor Kementerian Agama Aceh Tengah selama ini telah bekerja optimal, baik dalam memberikan pelayanan administrasi maupun pelaksanaan pendidikan keagamaan di daerah penghasil kopi arabica itu.
Namun demikian, Khairul mengimbau, agar upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih ditingkatkan tanpa harus mengalokasikan pendanaan yang besar.
Pelayanan, kata Khairul dapat dilakukan dengan memberikan sikap keteladanan dan kontribusi positif, serta mencari pemecahan masalah yang dihadapi masyarakat sebagai bagian dari mengantisipasi dinamika yang terjadi.
"Sekarang ekspektasi masyarakat terhadap pelayanan publik sangat tinggi, tentu harapan tersebut harus dijawab dengan tindakan nyata," ujar Khairul yang mengharapkan melalui rapat koordinasi rencana kerja anggaran Kemenag Aceh Tengah dapat semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.[] ihn
SHARE :
 
Top