Adv

Adv

PMB ini merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru IAIN Ar Raniry, yang sebelumnya juga telah dilaksanakan SPMB-PTAIN Nasional, Jalur Prestasi Akademik dan undangan. 

SEBANYAK 2096 calon mahasiswa Institut Agama Islama Negeri (IAIN) Ar Raniry Banda Aceh mengikuti ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Mandiri di Auditorium Prof Ali Hasjmy Kampus setempat, Rabu 31 Juli 2013.

Rektor IAIN Ar Raniry, Prof. Dr. Farid Wajdi Ibrahim, mengatakan PMB ini merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru IAIN Ar Raniry, yang sebelumnya juga telah dilaksanakan SPMB-PTAIN Nasional, Jalur Prestasi Akademik dan undangan.
Rektor menambahkan, proses penerimaan mahasiswa baru jalur PMB Mandiri sangat menguntungkan bagi calon mahasiswa dari daerah, yang berasal dari Aceh lebih banyak memiliki kesempatan.

“Kualitas proses belajar mengajar di daerah tingkat dua jauh berbeda dengan di Ibukota Negara Jakarta atau kota-kota besar lainnya, sehingga kemampuan siswa di daerah belum imbang dengan siswa yang lulusan sekolah unggul di kota-kota,” ujar Farid.

Namun demikian, kata Farid, pengalaman tahun sebelumnya, kualitas mahasiswa yang lulus melalui jalur mandiri tidak beda dengan yang lulus jalur nasional, bahkan beberapa orang yang memilih jurusan tertentu, malah lebih unggul yang masuk jalur mandiri dari pada SPMB Nasional.

Hal itu yang menjadi pertimbangan pimpinan IAIN Ar Raniry untuk membatasi dan memberi kesempatan peluang yang sama ke semua jalur penerimaan mahasiswa baru IAIN Ar Raniry tahun 2013 ini, secara umum koutanya dibagi 60 persen untuk nasional dan 40 persen jalur mandiri, papar Rektor.

Dia menyebutkan, dari semua jurusan di IAIN Ar Raniry, Jurusan SMI (Muamalah wal Iqtishad) yang menjadi favorit, disusul jurusan TEN (Pendidikan Bahasa Ingris), Pendidkan Biologi, Dakwah dan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Perpustakaan dan beberapa jurusan lain yang juga rata-rata ada peminatnya.

“Di kampus Ar-Raniry, SPP atau biaya kuliah mahasiswa untuk semua jurusan sama, baik jurusan MIPA atau Non MIPA standar biaya sama,” Farid.

Sementara Wakil Rektor bidang Akademik Prof. Drs. Amirul Hadi,  didampingi Humas Nazaruddin, mengatakan proses seleksi calon mahasiswa baru IAIN ini dilaksanakan selama satu hari, dilaksanakan di komplek IAIN Ar-Raniry.

“Ujiannya dilaksanakan serentak, dan bagi calon mahasiswa yang memilih MIPA ditambah waktu selama satu jam, materi tes katagori non MIPA antara lain Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, sedangkan untuk katagori MIPA soal yang sama dan ditambah soal MIPA,” Kata Amirul.

Disebutkan, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di IAIN Ar Raniry pada SPMB-PTAIN nasional sebanyak 1293 orang, sedangkan yang telah mendaftar ulang pada JPA 342 orang, undangan 196 orang dan dari lulus nasional 856 orang, pendaftaran ulang sampai Jumat 2 Agustus.

Lebih lanjut dikatakan, untuk pengumuman hasil ujian bagi peserta PMB Mandiri ini akan diumumkan pada 5 Agustus 2013 di situs resmi IAIN Ar-Raniry pmb.ar-raniry.ac.id. [](ma)
- See more at: http://www.atjehpost.com/pendidikan_read/2013/07/31/61263/0/17/2000-calon-mahasiswa-ikut-tes-PMB-Mandiri-IAIN-Ar-Raniry#sthash.KFoDAWpt.dpuf
SHARE :
 
Top