Loading...

Lamurionline.com--Aceh Besar – Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah mencanangkan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) sekaligus Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2013 di kompleks SMPIT Nurul Fikri Boarding School Aceh di Gampong Lhang, Kecamatan Darul Kamal, Rabu (11/12/2013) siang. Kegiatan tersebut dihadiri unsur Muspida Aceh Besar, kepala SKPK, para camat, dan tokoh-tokoh masyarakat.
Mukhlis Basyah menyatakan, kegiatan menanam pohon dimaksudkan untuk mendukung kebijakan Pemerintah Pusat menargetkan 1 milyar pohon setiap tahunnya di seluruh wilayah Indonesia yang diselenggarakan secara nasional.
“Apabila kita lakukan bersama-sama dan terpadu oleh segenap komponen masyarakat, insya Allah niat baik ini tercapai dengan baik dan sempurna. Keikutsertaan semua pihak dalam menanam pohon merupakan suatu wujud kebersamaan dalam menjaga lingkungan dan menyelamatkan hutan Aceh sebagai paru-paru dunia dari kehancuran,” katanya.
Ia menambahkan, penanaman 1 milyar pohon merupakan gerakan nyata penanaman pohon yang bertujuan untuk merehabilitasi dan lahan yang teregradasi guna mengembalikan hutan ke fungsinya, menambah tutupan lahan untuk mencegah terjadinya bencana banjir, longsor, kekeringan, dan kebakaran, konservasi keanekaragamanhayati, penyerapan karbon dioksida di atmosfir untuk antisipasi dampak perubahan iklim.
“Serta ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan pangan, energi, dan ketersediaan air untuk kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian, diharapkan Pemkab Aceh Besar termasuk wilayah yang memberikan kontribusi besar untuk program penanaman 1 milyar pohon tersebut.”
Sementara Kadishutbun Aceh Besar, Ir Junaidi melaporkan, hingga November 2013, di Aceh Besar sudah ditanam 1,7 juta lebih pohon. Jumlah itu merupakan hasil penanaman yang dilakukan berbagai pihak. Adapun jenis tanaman yang ditanam antara lain jati, jabon, sengon, mahoni, asam, ficus, trembesi, pinus, cawardi, serta anekaragamanhayati lainnya dari tanaman multiguna seperti kemiri, durian, cengkeh, rambutan, dan lainnya.
“Semua upaya tersebut untuk mengisi kebijakan Pemkab Aceh Besar dan sesuai dengan visi Dishutbun Aceh Besar Hutan Lestari, rakyat makmur, dan sejahtera, serta sejalan dengan kebijakan One Billion Indonesian Trees (OBIT) dan Bulan Menanam Nasional ke-6,” ujarnya.(al3/sp)
SHARE :
 
Top