ads1

Oleh : Ahmad Faizuddin, S.Pd.I, M.Ed

Model-Model Pendidikan Alternatif di Berbagai Negara (15) 

Central Park East Schools (Bagian Ketujuh) 
Suasana Harian Central Park East Schools (1) 
Pada edisi kali ini, mari kita lihat bagaimana kehidupan sehari-hari di Sekolah Central P a r k E a s t . D i s i n i a k a n dibentangkan mulai dari Hari Bersekolah, Bus Sekolah, Makan Siang, Waktu Istirahat, Kartu Darurat (Emergency Forms), Ketidakhadiran d a n P e n j e m p u t a n Aw a l , s e r t a Komunikasi dan Kontak. 

Hari Bersekolah – Sekolah Central Park East dimulai tepat pada pukul 8.30 pagi. Sarapan pagi gratis disediakan mulai jam 8.00 sampai 8.20 untuk semua pelajar. Sambil menunggu, anak-anak boleh membaca, menggambar atau bermain dengan tenang sampai para guru tiba. Kemudian petugas membawa mereka ke kelas tepat pada jam 8.30. Sementara itu para orang tua boleh menunggu di ruang makan bersama dengan anak-anaknya apabila mereka mau. Pelajaran sekolah selesai pukul 2.50 siang. Semua pelajar akan kembali ke ruang cafeteria menunggu jemputan dari orang tua atau keluarganya. Anak-anak yang tidak dijemput tepat pada waktunya harus menunggu di kantor utama sekolah sampai orang tua mereka datang. 

Bus Sekolah – Anak-anak yang mengambil bus sekolah dari dan pulang ke lokasi penjemputan akan diatur oleh seorang guru supaya mereka naik bus yang sesuai. Pengemudi bus tidak akan menunggu anak-anak yang telat di pagi hari, dan juga tidak akan meninggalkan mereka apabila tidak ada yang menunggu di tempat jemputan ketika pulang. Selain itu ada juga peraturan seperti: tidak dibenarkan membawa binatang peliharaan naik bus, dan anak-anak yang berusia kurang dari 5 tahun tidak dibenarkan mencarter bus (khususnya yang berwarna kuning). 

Makan Siang – Semua keluarga harus mengisi Surat Makan-Siang dari Dinas Pendidikan (Department of Education Lunch Form). Jika mereka tidak berkenan maka cukup menuliskan “not interested” pada bagian informasi biaya dan menyerahkannya kepada pihak sekolah. Bagi sebagian pelajar, makan siang ini gratis dan sebagian lagi mendapatkan discount harga. Ruang makan mempunyai meja piknik berbentuk panjang dan sebuah dapur dimana sarapan pagi dan makan siang disediakan. Menu makanan untuk sarapan dan makan siang ini akan dikirimkan ke rumah orang tua setiap bulannya. Bagi yang tidak mendaftar, maka boleh membawa makan siang sendiri atau membeli di ruang makan. Disarankan mereka menjaga dan memberi nama tempat makan mereka sendiri, serta dilarang membawa gelas kaca dan minuman soda. Apabila ada yang lupa membawa bekal atau hilang, maka akan disediakan makan bersama yang lain. Adapun Waktu Istirahat, Kartu D a r u r a t ( E m e r g e n c y F o r m s ) , Ketidakhadiran dan Penjemputan Awal serta Komunikasi dan Kontak Insya Allah akan kita lanjutkan pada edisi selanjutnya. 

Bibliography: 
Central Park East 1 Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.centralparkeastone.org. 

Central Park East II Elementary School. Retrieved October 12, 2013 from http://www.cpe2.org. 

© Akhi, 2014 (Gombak: 20/04, 1:00 p.m.)
SHARE :
 
Top