ads1

Lamurionline.com--Banda Aceh : Guna mengatasi lonjakan penumpang menjelang H-7, Organda Aceh telah menyiapkan 4500 armada untuk mengangkut ribuan pemudik.
“Untuk mudik tahun ini, kita telah siapkan 450 bus besar dan 4.050 unit L300, jadi totalnya 4500 armada. insyallah mampu menampung ribuan pemudik, baik dalam Provinsi Aceh maupun ke luar Aceh, Sumatera Utara,”kata Ketua Organda Aceh H.Ramli kepada koran ini, Senin (14/7).

Untuk itu, Organisasi Angkutan Darat (Organda) Aceh meminta kepada para pengusaha mobil angkutan umum agar memperhatikan kelayakan kondisi mobil untuk bisa memberikan jaminan keselamatan dan layanan yang baik kepada para penumpang yang akan mudik lebaran.

“Mudik tahun ini penumpangnya dipastikan akan meningkat, jadi para pengusaha mobil haruslah memperhatikan kondisi mobil untuk mengangkut para penumpang mudik lebaran,” ujarnya.
Menurut Ramli, menciptakan berlalulintas yang aman, tertib, lancar merupakan kunci penting yang harus diperhatikan para pengusaha jasa angkutan darat dan para pengemudi. Karena, kecelakaan dalam berlalulintas itu adalah hal diluar prediksi para pengemudi.
“Untuk itu, beberapa waktu lalu kita telah mengadakan rapat dengan dinas, bahwa menjelang H-7 lebaran nanti kita akan melakukan pemeriksaan urin kepada sopir mobil, ini merupakan langkah awal untuk mengatasi terjadinya dan memperkecil angka kecelakaan pada mudik lebaran ini,” jelasnya.
Selain itu, ia juga menghimbau Dinas Perhubungan Aceh untuk segera melakukan uji kelayakan kendaraan angkutan penumpang dan surat-surat kelengkapan kendaraan seperti surat KIR mobil menjelang mudik.
“Segera lakukan uji kelayakan, jangan diperiksa pada H-3 karena penumpang sudah banyak, kalau setelah di chek mobil tidak layak jalan, gimana? kan kasian para penumpangnya akan telantar. Kalaulah dipaksakan maka keselamatan penumpang akan diragukan, kalaulah dilakukan secepatnya maka para pengusaha bisa melakukan persiapan dan bisa memperbaiki mobilnya segera,” cetusnya.
Dia juga menghimbau kepada para pengusaha angkutan umum agar tidak menaikkan tarif di luar ketentuan. jika itu dilakukan, maka pihaknya akan mengambil tindakan yang tegas. Selain itu, pihaknya juga menghimbau para sopir agar tidak mengangkut penumpang diatas kewajaran dan kapasitas muatan.

“Boleh dinaikkan tarif, tapi haruslah memberikan fasilitas yang lebih sehingga kalaupun dinaikkan maka masyarakat akan tetap berbondong-bondong memilih naik dengan mobil tersebut. Tapi jangan dinaikkan untuk mencari keuntungan tanpa memperhatikan keselamatan penumpang, kalau ini dilakukan maka akan kita tindak,” tegasnya.(Mag-54) Rahmat Saputra-Banda Aceh http://rakyataceh.co/2014/07/4500-armada-mudik-disiapkan/
SHARE :
 
Top