Adv

Adv

Lamuri-Montasik – Sekitar tiga ribuan umat Islam dari Aceh dan Sumatera Utara berkumpul di Cot Goh tepatnya Masjid Jamik Bukit Baro, Kecamatan Montasik, Aceh Besar, pada Rabu (17/9). Pertemuan yang diadakan selama tiga hari ini juga dihadiri perwakilan dari sejumlah negara India, Pakistan dan Bangladesh, termasuk Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Thailand. Kegiatan ini dibuka langsung Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah yang hadir pada kesempatan tersebut. “Pertemuan ini mengedepankan ruh keislaman dan pengorbanan yang tanpa henti dalam menjalankan syiar Islam,” kata Gubernur Zaini di hadapan umat Islam yang sudah tiba di lokasi kegiatan pada saat pembukaan. 

Menurut Panitia Pelaksana, Tgk H Fakhruddin Lahmuddin mengatakan, pertemuan ummat Islam se-Aceh dan Sumut yang dilaksanakan di Desa Cot Goh murni pertemuan untuk dakwah islamiyah, tidak ada hubungannya dengan politik, pemerintahan atau lainnya. “Direncanakan pertemuan ini akan dihadiri oleh 30.000 Jam’ah dari Aceh dan Sumut” tambahnya. Menurut pantauan Lamuri pertemuan ini pun digelar ditempat yang sangat sederhana. Lantainya beralaskan plastik hitam dan atapnya terpal putih. Terdapat ruang rapat, ruang diskusi, ruang makan, ruang istirahat dan lainnya. Termasuk MCK, bak mandi dan tempat wudhu juga dibuat dari terpal plastik warna hitam yang berjarak 20 meter dari tempat pertemuan. Fasilitas yang sederhana ini tidak menjadi masalah bagi peserta yang hadir dalam pertemuan ummat Islam se-Aceh dan Sumut. 

Sementara Ketua Dewan Penasehat Pertemuan Ummat Islam Pusat, Cecep Firdaus dalam pidatonya mengatakan, salah satu tujuan pertemuan ummat Islam ini adalah mengajak dan meningkatkan keimanan ummat kepada Allah SWT. Juga menyerukan ummat Islam untuk terus berdakwah dan memperbanyak amal ibadah tidak hanya di daerahnya, tapi ke luar daerah, bahkan ke luar negeri. Bupati Aceh Besar, Muhklis Basyah, dalam sambutannya mengatakan, pertemuan umat Islam se-Aceh dan Sumut tersebut hendaknya memberikan rumusan untuk pelaksanaan syiar Islam ke depan. Pihaknya siap menjalankan rumusan atau rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut. (Abr)
SHARE :
 
Top