Adv

Adv

Lamuri-Indrapuri. Remaja Masjid Al-Mukarramah Kemukiman Jruek, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar pada Minggu malam (21/03) bertepatan dengan tanggal 02 Jumadil Akhir 1436 Hijriyah menggelar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di masjid jamik kemukiman tersebut.

Ketua Remaja Masjid Al-Mukarramah Jruek, Jumadi Jauhari menyampaikan, bahwa kegiatan peringatan maulid nabi diadakan dengan tujuan untuk mengingatkan kembali umat Islam, khususnya masyarakat kemukiman Jruek termasuk para remaja agar senantiasa meneladani sang pembawa risalah Islam, Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi wassalam.

Dan dengan ada peringatan yang diisi ceramah diharapkan bisa menggugah kesadaran kaum akan pentingnya mentradisikan syiar dan dakwah dalam rangka menyemarakkan hari-hari besar Islam.

Sementara itu, Danramil mewakili Camat Indrapuri Bapak Usman Mahmud mengatakan bahwa peringatan maulid ini dimaksudkan agar lebih mempererat tali silaturrahmi serta persatuan dan kesatuan umat Islam, khususnya warga Kemukiman Jruek. Selain itu Danramil juga mengingatkan para generasi muda untuk menjauhi narkoba dan jenis obat-obatan terlarang lainnya. Ia juga menghimbau para warga untuk awas terhadap berbagai aliran yang menyesatkan selama ini. “Jangan sampai karena pengaruh uang, kita membalikkan agama sehingga masuk agama selain Islam” imbuhnya tegas.

Adapun yang diminta panitia untuk mengisi ceramah maulid nabi di kemukiman Jruek itu adalah Tgk. Jasmawi Ibrahim dari Darul Iamarah Aceh Besar. Dalam ceramahnya menyampaikan ulasan sekitar tentang hikmah maulid nabi.

Jamaah diajak untuk dapat mengambil hikmah peringatan maulid nabi. “Memperingati maulid nabi, artinya kita musti menjalankan perintah-perintah Allah SWT yang dibawakan oleh Rasulullah,” kata Jasmawi. Ditandaskan juga bahwa setiap individu umat islam harus meneladani nabi Muhammad SAW, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, maupun masyarakat.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, para keuchik Gampong yang ada di kemukiman Jruek, Tokoh Masyarakat, Ikatan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa Indrapuri (Ippemindra), organisasi Remaja Masjid serta tamu undangan lainnya. (Abr/Hrn)

Ø  Maulid di Lampanah

Sementara itu, Remaja Masjid Asy-Syuhada Lampanah, Indrapuri, Aceh Besar juga menggelar ceramah maulid Nabi Muhammad SAW 1436 H di Halaman masjid tersebut, Minggu (15/03) malam lalu.

Ceramah maulid di isi oleh Tgk. Muhammad Rafsanjani, Lc atau yang lebih dikenal dengan Abu Zidane. Rafsanjani mengulas tentang pentingnya meneladani akhlak Rasul dalam kehidupan sehari-hari.

Imam Masjid Asy-Syuhada Lampanah Tgk. Saifullah M. Ali juga mengapresiasikan kegiatan yang diadakan Remaja Masjid sebagai bentuk kekompakan pemuda dan pemudi di Gampong Lampanah dalam kegiatan dakwah di masjid.

Sementara itu Bapak H. Anshari selaku Mukim Reukih berharap kekompakan dan persatuan dalam masyarakat harus selalu ditingkatkan untuk menciptakan suasana damai dan islami. Turut hadir Keuchik dari lima Gampong di Lampanah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (Abr/Hrn)
SHARE :
 
Top