Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah menyampaikan beberapa pesan penting kepada para pengurus dan imam masjid sebagaimana disampaikan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Drs. Zulkifli Ahmad, MM, dalam Rapat Koordinasi Imam Masjid se- Aceh, yang berlangsung di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh, Kamis (30/4).

Zulkifli Ahmad menyampaikan empat pesan penting Gubernur, yang pertama, dalam upaya memperkuat aqidah ummat dan menangkal upaya pendangkalan aqidah yang sedang marak belakangan ini, hendaknya setiap masjid diadakan Kajian Islami dengan tema yang menarik seputar tauhid, ibadah dan akhlaq. 

Hal ini, menurut Gubernur, penting untuk membangun kesadaran dan pengetahuan ummat, agar tidak mudah masuk dalam perangkap orang-orang yang berupaya mengaburkan ajaran Islam. Di samping itu, Gubernur juga meminta hendaknya disetiap masjid di Aceh juga dilaksanakan program menghafal Al-Quran sebagai bekal sekaligus benteng bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Kedua, Gubernur mengatakan pengurus dan imam masjid harus bisa menjadi konsultan jamaah karena jamaah masjid seringkali menghadapi masalah, baik masalah yang terkait dengan problema diri, keluarganya maupun masalah-masalah yang berkaitan dengan kejelasan hukum Islam dalam berbagai persoalan. “Di sinilah letak masjid sebagai pusat pembinaan ummat, di mana jamaah menemukan jawaban dan bimbingan atas berbagai pertanyaan maupun persoalan yang dihadapinya,” terang Zaini Abdullah.

Pesan yang Ketiga, dalam menjalankan manajemen fisik masjid, hendaknya dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Gubernur menyatakan, meskipun unsur keindahan diperlukan dalam sebuah masjid, namun hendaknya jangan juga dilupakan unsur kebersihan, kerapian dan penghijauan lingkungan masjid. “Ini penting, agar ibadah dan berbagai kegiatan keagamaan dan pembinaan ummat yang dilaksanakan di masjid dapat berlangsung dengan nyaman,” urainya.

Keempat, adalah upaya memakmurkan masjid. Dalam hal ini, sebut Zaini Abdullah, perlu dikaji bagaimana metode yang terbaik agar masyarakat dapat semakin meramaikan masjid. “agar masjid tidak hanya banyak dari segi kuantitas dan bagus dari segi fisiknya saja, akan tetapi juga hendaknya dipenuhi dengan aktifitas ibadah dan keagamaan lainnya,” pesan orang nomor satu di Aceh tersebut.

Gubernur berharap Rapat Koordinasi Imam Masjid se- Aceh tahun 2015 ini bisa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam pengelolaan masjid, untuk kemudian sama-sama menemukan jalan penyelesaiannya sehingga pengelolaan masjid dapat terus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Ia menekankan, terwujudnya masyarakat yang Islami merupakan dambaan bagi setiap muslim yang sejati. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur Zaini Abdullah juga mengajak pengurus dan imam mesjid untuk terus berinovasi dan berkreasi untuk menghadapi tantangan pembinaan ummat yang semakin kompleks.

Rakor yang mengangkat tema " Melalui Rapat Koordinasi Pengurus dan Imam Masjid Kita Upayakan Peningkatan Kemakmuran Mesjid" ini dihadiri Kepala Biro Isra Setda Aceh, IlyasNyak Tuy, Pejabat instansi terkait lingkup Pemerintah Aceh, Perwakilan Dinas Syariat IslamAceh, Perwakilan MPU Aceh, pengurus Dewan Kemakmuran Mesjid dan sejumlah tamu undangan lainnya.


Press Release
SHARE :
 
Top