Lamurionline.com--Kota Jantho : Kantor Kemenag Aceh Besar untuk meningkatkan profesionalisme pemberdayaan masjid terutama aspek imarah, idarah dan ri'ayah mengadakan kegiatan sayembara/Lomba masjid teladan.

Kepala Kankemenag Aceh Besar yang diwakili Kasi Bimas Islam Drs H M Zain MPd saat membuka kegiatan tersebut di Aula Kantor Camat Ingin Jaya Rabu (16/9/2015) mengharapkan agar melalui sayembara/lomba masjid teladan sehingga masjidmenjadi pusat aktivitas ummat.
Dijelaskan, berdasarkan hasil evaluasi dan pengamatan tim dari kementerian agama, masih banyak masjid yang tidak berfungsi secara maksimal.”Jangankan menghidupkan masjid dengan kegiatan pendidikan/pengajian, kegiatan shalat berjamaah untuk lima  waktu tidak berjalan. Bahkan masih banyak masjid di Aceh Besar yang di kelola secara amburadul, tidak tertata administrasi dan manajemennya,”ujarnya
Kegiatan lomba masjid teladan yang diikuti oleh 23 masjid besar kecamatan yang ada di Aceh Besar melibatkan tim penilai dari berbagai unsur yaitu akademisi, BKPRMI dan Kementerian Agama.Masing masing pengurus masjid di berikan waktu untuk menyampaikan presentasi tentang profil dan aktivitas masjid,”demikian M Zain.
Dalam kesempatan itu tim penilai akan memilih tiga masjid terbaik di Aceh Besar setelah melakukan peninjauan lapangan dari bahan bahan yang di presentasikan dari forum lomba.
Kasi penyelenggara syariah Kankemenag Aceh Besar H Khalid Wardana S.Ag kepada wartawan menjelaskan, pada kesempatan itu juga diserahkan sebanyak 36 buah sertifikat tanah wakaf dari berbagai masjid.
“Sejumlah sertifikat tanah wakah yang diserahkan antara lainmilik  Masjid  Besar Montasik,masjid Babussalam LamUjong Kecamatan Krueng Barona Jaya, Masjid Cot Keueng Kecamatan Kuta Baro, Masjid Nurul Huda Blang Bintang dan Masjid Aneuk Glee Indrapuri.(Syahril)

http://rri.co.id/banda-aceh/post/berita/200793/syariat_islam/kantor_kemenag_aceh_besar_gelar_lomba_masjid_teladan.html
SHARE :
 
Top