Melalui Milad Media LAMURI Yang Ke-10 Kami Terus Berbenah Untuk Berbagi Informasi Kepada Pembaca (15 Juli 2010 - 15 Juli 2019) Membangun Aceh dari Masjid - Lamuri Online
Loading...

LamuriNews—Banda Aceh: Dalam kajian rutin Rabu malam (20/01/16) di Warong Rumoh Aceh Jl. Rawasakti V No. 122B, Jeulingke yang di adakan oleh  Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam (KWPSI), Inspirasi Qalbu, sebagai pemateri adalah Ust H Akhyar M Ag (Ketua BKPRMI Aceh Periode 2014-2017) jumlah Masjid secara Nasional 700.000 (data DMI) sedangkan di Aceh Masjid berjumlah 3941 dan Mushalla/ Meunasah 6238 ini data yang di peroleh dari Kanwil Kemenag Aceh.

Orang yang memakmurkan Masjid disebut Nabi dalam sabdanya “Jika kalian melihat seorang yang membiasakan diri mendatangi Masjid, maka saksikanlah baginya keimanan. All berfirman : “Sesungguhnya orang-orang yang memakmurkan Masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian.” (HR At-Tirmizi).

Posisi paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika bersujud (HR. Muslim, Abu Daud dan Nasa’i) bisa kita ambil beberapa pelajaran dari Masjid yaitu, Disiplin, Kebebasan, Persaudaraan dan kesetaraan.

Fungsi Masjid di zaman Rasulullah, tempat peribadatan, tempat pertemuan (Dr Said Ramadhan al-Buthi mengatakan “Hal ini mungkin terwujud manakala kaum muslimin tidak sering bertemu setiap harinya dalam shaf-shaf Shalat berjamaah, tempat bermusyawarah, tempat perlindungan, tempat kegiatan social, Sidi Gazalba mengatakan “dalam Masjid, pada waktu shalat, ajaran persamaan dan persaudaraan umat manusia di praktikkan.”

Diakhir materi H Akhyar M. Ag mengajak kita sebagai ummat Islam untuk memakmurkan Masjid itu merupakan tugas setiap muslim, Masjid makmur umat juga sejahtera, tipologi pimpinan adalah orang yang cinta Masjid dan hatinya komit di Masjid. (HRM)



SHARE :
 
Top