Lamurionline.com--Membekukan makanan memang bermanfaat untuk memperpanjang waktu simpannya. Ketika bahan makanan lebih awet, alhasil memasak pun lebih praktis dan Anda akan memangkas pengeluaran rumah tangga.
Namun, ada yang harus diperhatikan saat akan membekukan makanan, terutama daging. Membekukan makanan berupa daging sapi, ayam, dan ikan, membutuhkan teknik tersendiri agar daging tetap segar dan tidak busuk.
Membekukan daging, ayam, dan ikan harus dilakukan dengan cepat dan selalu dijaga suhunya agar tidak panas. Pasalnya, sifatnya daging termasuk mudah busuk. Masukkan bahan tersebut ke dalam lemari es terlebih dahulu jika proses pembekuan belum siap.
Selain itu, kala membekukan daging Anda harus mempertahankan suhu freezer  di -18 derajat Celcius dan usahakan suhu freezer stabil. Suhu yang tidak stabil akan mempengaruhi mutu bahan makanan menjadi kering ataupun menyusut secara berlebihan saat dicairkan.
Tips Membekukan Ikan
Anda hendak membekukan ikan? Perlu diketahui, ikan sangat mudah busuk. Bagaimana cara membekukan ikan yang benar? Ikuti langkah berikut:
1. Sebelum dibekukan, ikan harus dicuci hingga bersih terlebih dahulu.
2. Bersihkan ikan dari sisik, isi perut, dan bila tidak diinginkan, potong juga kepala ikan.
3. Bila hanya dibutuhkan dagingnya saja, fillet atau buang tulang dan durinya sekaligus.  Untuk kulit ikan, bisa diikutsertakan ataupun dibuang sesuai selera.
4. Ikan dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama bila dibersihkan dan mutu ikan bagus saat pembekuan. Ikan yang dibekukan dengan benar dapat bertahan hingga 8 bulan namun untuk jenis ikan seperti salmon atau tongkol biasanya hanya bisa bertahan 3-4 bulan. 

Other articles:
Surprising Health Benefits of Tomatoes
Amazing Benefits and Uses Of Figs
Health Benefits Of Rambutan Fruit
Top health benefits of Plums
Sumber : http://tabloidnova.com/
SHARE :
 
Top