Lamurionline.com--BANDA ACEH – Secara berjamaah warga Banda Aceh menyaksikan proses terjadinya gerhana matahari di gedung TDMRC ulee lheue banda aceh.

Walikota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Djamal turut hadir menyaksikan langsung kejadian langka ini. Namun demikian,  ia mengimbau kepada masyarakat bahwa kejadian ini jangan disambut dengan suka ria.
“Gerhana bukan sesuatu untuk kita berbuat ria,”ucap illiza yang kerap disapa bunda ini.
Bunda menjelaskan, pada zaman dahulu, Rasulullah gemetar ketika melihat gerhana matahari, padahal ia sudah tau terlebih dahulu, tanpa henti Rasulullah beristighfar saat gerhana matahari berlangsung. Selanjutnya melakukan shalat, doa berdoa.
Lanjutnya, ada lima hal yang dianjurkan Rasulullah saat terjadinya gerhana matahari hingga berakhir.
“Beristighfar, shalat, berdoa, berzikir, dan bersedekah,” sebut Illiza.
Illiza berharap supaya warga Banda Aceh tidak suka ria dengan adanya gerhana matahari, tetapi perbanyak istighfar dan tasbih kepada Allah, karena gerhana matahari bukanlah ajang wisata namun bisa menjadi tanda-tanda hari kiamat.
Illiza juga sangat mengapresiasi akan kedatangan warga untuk menyaksikan secara langsung prosesi gerhana matahari serta melakukan shalat kusuf secara berjamaah di mesjid Baiturrahim Ulee Lheue Banda Aceh.
REPORTER: MAKSALMINA KLIKKABAR.COM,
SHARE :
 
Top