ads1

Foto : Medya Hus
Lamurionline.com--Kota Jantho. Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Kemah Seniman yang berlangsung selama dua hari mulai 13 - 14 Agustus 2016 di Gedung PKK Kota Jantho, Kabupaten Aceh Besar. 

Kegiatan dibuka Wakil Bupati Aceh Besar Drs Syamsulrizal MKes, Sabtu (13/8) turut dihadiri Kajari Ikhwan Nul Hakim SH, Muspika Jantho, Imum Mukim Kota Jantho, dan 150 peserta yang terdiri para seniman kecamatan dan Gampong di Aceh Besar. Syamsulrizal, mengharapkan kepada DKA pada Rakerda kali ini mampu menghasilkan berbagai rekomendasi untuk menjadi acuan bagi peningkatan seni dan budaya di Aceh Besar. "Mari pada Rakerda dan Kemah Seniman bisa serta mampu menghasil suatu indentitas seni budaya yang Islami," harapnya. 

Begitu juga DKA Aceh Besar dalam memajukan seni budaya, bisa dan mampu bermitra dengn Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh yang Kampusnya berada di Kota Jantho. "Jadi DKA dan ISBI sama-sama bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan seni budaya di Aceh Besar," pungkas Syamsulrizal. 

Ketua DKA Provinsi Aceh Nurmaida Admaja, dalam kesempatan itu juga mengharapkan pembangunan kesenian dan budaya mampu dilakukan semua pihak, termasuk pemerintah. "Melalui karya dengan melibatkan para seniman dan budayawan serta komitmen pemerintah diharapkan pembangunan seni budaya di Aceh akan mencapaian memajuan,"tandasnya. 

Sementara Ketua DKA Aceh Besar Drs Burhanuddin MA MM mengatakan Rakerda dan kemah seniman ini terlaksana atas dukungan berbagai pihak termasuk dari Pemkab Aceh Besar. Kegiatan rutin setiap tahun untuk berdialog dan mencari solusi serta ide-ide baru untuk perkembangan kesenian di Aceh Besar, baik yang original, tradisional maupun kontemporer. 

Ketua panitia pelaksana Azhari SHut didampingi Sekretaris Mariadi, ST menyebutkan, Rakerda dan kemah seniman diikuti 150 peserta yang merupakan perwakilan dari 23 kecamatan, pengurus dan para seniman serta budayawan di Aceh Besar. “Dalam kegiatan ini panitia juga menyiapkan kemah untuk para peserta, karena malamnya juga diadakan panggung hiburan rakyat yang dibuka Ketua DPRK Aceh Besar Sulaiman SE dan diisi oleh berbagai tampilan dan atraksi kesenian dari sanggar dan seniman-seniman Aceh Besar," demikian Azhari. 

Kegiatan pembukaan juga dimeriahkan oleh Grup Tari Ranup Lampuan dari ISBI Aceh dan Syair Aceh oleh Syeh Medya Hus.(Mariadi/RRI.co.id)
SHARE :
 
Top