Lamurionline.com--Banda Aceh – Walikota Banda Aceh Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal SE secara resmi membuka Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) Kota Banda Aceh 2016 Kamis (04/08). Pelaksanaan kegiatan FASI 2016 ini merupakan kerjasama Pemerintah Kota Banda Aceh dengan pengurus BKPRMI-LPPTKA Kota Banda Aceh. Acara ini akan berlangsung hingga 7 Agustus mendatang di halaman Masjid Syuhada, Gampong Lamgugop, Syiah Kuala, Banda Aceh. 

Kegiatan ini diramaikan sekitar 1000 peserta yang berasal dari 50 TKA, TPA, dan TQA se-Banda Aceh akan unjuk kebolehan dalam 17 cabang perlombaan di antaranya Tartil Al-Quran, Azan dan Iqamah, Cerdas Cermat Al-Quran, Kaligrafi, Tilawah Al-Quran, Lagu Islami (Nasyid), mewarnai gambar dan Hafalan/Tahfiz Juz’Amma. 

Walikota Banda Aceh dalam sambutannya, menyebutkan festival ini sangat tepat untuk membina dan memotivasi generasi penerus agar bisa menjadi harapan yang membangggakan untuk negara agama dan terutama orang tua. “Selain itu, festival ini juga bisa melatih anak-anak kita menjadi ahli ibadah dan pandai bersyukur,” katanya. 

Sementara Asisten Keistimewaan Ekonomi dan Pembangunan Setdako Banda Aceh, Gusmeri, selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan FASI Banda Aceh 2016 bertujuan memotivasi dan menggiatkan pengajian anak-anak seperti TKA, TPA, dan TQA di masjid, mushalla dan meunasah di gampong-gampong. "Ini juga merupakan ajang seleksi peserta untuk mewakili Kota Banda Aceh pada ajang FASI tingkat provinsi maupun nasional,” kata Gusmeri. “Kegiatan ini juga mengangkat tema “Melalui FASI, Kita Bina Santri Jujur, Arif, dan Cerdas sebagai Tonggak Menuju Banda Aceh Model Kota Madani”, sebutnya.

Adapun dewan hakim FASI Banda Aceh, sebutnya lagi, berjumlah 54 orang yang terdiri dari pengurus LPTQ, IPQAH, Dosen dan BKPRMI-LPPTKA Banda Aceh. 

Berdasarkan pantuan Lamuri seremonial Pembukaan FASI Banda Aceh 2016 ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Wali Kota Illiza dan diiringi alunan Serunee Kale dan Rapai. Illiza turut didampingi oleh Wakil Wali Kota Zainal Arifin, Ketua DPRK Arif Fadillah, Dandim 0101/BS Mahesa Fitriadi, Kajari Banda Aceh Husni Thamrin, dan Ketua Badan Kemakmuran Masjid Syuhada Syamsul Rizal. 

Editor : Abrar
SHARE :
 
Top