ads1

Lamurionline.com--Kota Jantho. Setelah sukses dengan Kemah Seniman 1, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar bersama Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Aceh Besar akan menggelar Kemah Seniman Ke 2 dalam waktu dekat ini. 

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung 19 – 22 Mei 2017 ini akan dipusatkan di halaman Gedung PKK Kabupaten Aceh Besar, Kota Jantho. 

Drs Burhanuddin MA MM selaku Ketua Umum DKA Aceh Besar yang ditemui Redaksi Lamuri Online, Senin (15/05), mengatakan dalam Kemah Seniman Ke 2 akan diundang 2 orang peserta dari 23 kecamatan yang ada di Aceh Besar yang terdiri dari pengurus sanggar kecamatan dan sekolah yang diperkirakan dihadiri 100 peserta. 

Selain itu juga dihadirkan pemateri dan narasumber yang kompeten di bidang kesenian, diantaranya dua syeh nazam dan syair Aceh yang sudah cukup dikenal Medya Hus dan Syeh Sofyan Lhoong. Ia menambahkan ketua DKA Propinsi Aceh Nurmaida Atmaja nantinya turut memberi materi kepada peserta. 

“Malamnya juga akan digelar hiburan rakyat, nantinya diharapkan masyarakat bisa hadir ke Kota Jantho untuk mengikuti even Pergelaran Seni ini, karena ini terbuka untuk umum” sebutnya. 

Lebih jauh Burhanuddin mengatakan Kemah Seniman ini bertujuan memberikan pembekalan kepada para peserta tentang berbagai ragam kesenian di Aceh Besar. 

Selain itu juga akan dilakukan pembinaan untuk sanggar-sanggar kecamatan dan sekolah dalam mengenal kesenian yang orisinil. 

Ia juga berharap even ini bisa dilakukan rutin setiap tahun sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi Aceh Besar. 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Kemah Seniman Ke 2 Mariadi ST didampingi Sekretaris Panitia Abrar SPd kepada Media Ini mengatakan seluruh persiapan sudah diagendakan sejak awal untuk even kemah seni ini. 

Kerjasama dengan berbagai pihak juga sudah dilakukan untuk suksesnya acara tersebut. Mariadi menambahkan sejumlah sanggar dan grup tari juga akan tampil pada malam hiburan rakyat. Diantaranya Grup Seung Samlakoe, Cagok Aceh Agam Baba Raya Manyang, komunitas JAP, Grup Rapai Meuligoe Raja, Dalael Khairat, grup SENAR binaan Jamal Putra dan banyak lainnya. 

Editor : Abrar
SHARE :
 
Top