ads1

Foto : Akhi Munandar
Semangat pagi 

Pagiii... Pagiii... Pagiii... LUAR BIASA!!! 

Pagi Minggu, 21 Mei 2017 sekitar 40 volunteer yang bergabung dalam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banda Aceh bersama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh mengunjungi Gampong Mesalee. 

Langit kelabu, cuaca mendung, dan rintik hujan yang turun pagi tadi tidak membuat semangat para volunteer menyusut. Tujuan kunjungan para volunteer di gampong tersebut ialah untuk melaksanakan Bakti Sosial. 

Beberapa agenda kegiatan dalam Bakti Sosial Jilid Dua ini meliputi pelayanan kesehatan, distribusi pakaian layak pakai, edukasi psikologi dan meuseuraya (gotong royong) yang berlangsung di Mesjid Baburrahmah, Gampong Mesalee, Kecamatan Indrapuri sejak pukul 09.30-14.00 WIB. 

Masyarakat sangat antusias dengan seluruh kegiatan yang berlangsung. Mulai dari anak-anak, kaum ibu, hingga lansia menikmati pelayanan kesehatan. Tidak hanya konsultasi dengan dokter, masyarakat juga diberikan obat secara gratis, seratusan warga hari ini mendapatkan manfaat pengobatan gratis. 

Disisi lain, pendistribusian pakaian layak pakai juga disambut gembira oleh masyarakat setempat. Berbagai jenis pakaian yang tersedia seperti pakaian dewasa untuk laki-laki dan perempuan, pakaian untuk remaja, pakaian untuk anak laki-laki dan anak perempuan, serta perlengkapan bayi Alhamdulillah berhasil terdistribusikan kepada masyarakat. 

Kegembiraan semakin terpancar dari wajah anak-anak Gampong Mesalee dan Gampong Cot Kareung tatkala kegiatan edukasi psikologi berlangsung. Mereka bermain sambil belajar mengenali bermacam-macam emosi (emosi saat marah, sedih dan bahagia). Selain itu, anak-anak sebagai generasi penerus juga dibekali ilmu-ilmu terkait kebencanaan seperti banjir dan gempa bumi. Harapannya, anak-anak Gampong Mesalee memiliki bekal dalam hal mitigasi sehingga dapat mengurangi risiko bencana. 

Bersamaan dengan pelayanan kesehatan, distribusi pakaian layak pakai, dan edukasi psikologi, lelaki tangguh MRI Banda Aceh melaksanakan Meuseuraya di pekarangan mesjid, toilet, dan tempat wudhu. Cuaca yang tak sendu lagi saat itu menyebabkan semangat para lelaki tangguh kian membara. Aksi meuseuraya juga diikuti oleh anak-anak pasca kegiatan edukasi psikologi. Sampah-sampah yang bertebaran dipekarangan mesjid dikumpulkan oleh anak-anak tersebut hingga pekarangan mesjid terlihat jauh lebih bersih. 

Pak Saiful, selaku perangkat desa setempat mewakili keuchik mengucapkan terimakasih atas kunjungan MRI-ACT dan berharap silaturrahim yang sudah terbentuk tidak berakhir begitu saja. Disamping itu, Akhi Munandar selaku koordinator daerah (korda) MRI Banda Aceh juga menyampaikan hal serupa. 

"Trmakasih kami ucapkan kepada pak keuchik, perangkat gampong, dan masyarakat yang sangat antusias menyambut kehadiran kami. Terimakasih juga untuk semangat sahabat-sahabat relawan serta waktu dan tenaga yang sudah diluangkan untuk acara kita hari ini. Semoga MRI Banda Aceh semakin super solid dan mampu memacu inspiring2 bekerja untuk ummat" ucap Akhi. 

"Kita harus jadikan Aceh sebagai Hulu titik Volunteer, Humanity dan Philantrophy, kita harus mampu menggemakan semangat volunterism kepada semua kalangan, dan harus kita jadikan bangsa aceh sbg simbol bangsa peduli ummat, Alhamdulillah, kegiatan hari ini berlangsung sebagaimana tema yang diusung "Berbagi Kepedulian, Berbagi Senyuman" tambah Akhi Munandar.  

Kepedulian dari para volunteer mampu membuat masyarakat Gampong Mesalee tersenyum. 

Sampai jumpa di Bakti Sosial Jilid Tiga MRI Banda Aceh

Foto Terkait :








SHARE :
 
Top