ads1

Foto : Anwar Citra
*** Aceh Besar Targetkan Juara Umum 

Bupati Aceh Besar yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga, H. T. Hasbi, SH, mengukuhkan dan melepaskan Kontingen Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Kabupaten Aceh Besar , Jumat (21/07) lalu, di Aula SMP 3 Ingin Jaya, Aceh Besar Dalam kesempatan itu, hadir Zulfikar, SH, Wakil Ketua DPRK Aceh Besar, Ketua Mahkamah Syariah Jantho, Kakankemenang Aceh Besar Drs. H. Salahuddin, M.Pd, sejumlah pejabat sipil dan TNI Polri, Pengawas PAI, Kepala Sekolah, orang tua dan keluarga peserta dan sejumlah undangan lainnya. 

Bupati dalam sambutan dan arahan tertulis yang dibacakan H. T. Hasbi, SH, menjelaskan bahwa sumber daya manusia merupakan aset daerah sekaligus modal dasar membangun daerah. Potensi ini dapat diaktualisasikan jika digali dan dikembangkan melalui proses pendidikan yang seimbang, terarah, dan dikelola dengan manajemen yang baik. 

Pendidikan yang tidak hanya memprioritaskan pada spritualitas, moralitas dan ilmu pengetahuan, tetapi juga di dalamnya mesti ada juga keterampilan dan seni. Untuk itu, jelas Bupati kegiatan Pentas PAI ini menjadi penting sebagai bagian dari strategi pengembangan bakat dan minat peserta didik di sekolah dalam rangka mempersiapkan generasi masa depan yang berkualitas, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. 

Bupati berharap kontingen Aceh Besar dapat menunjukkan kreatifitas yang maksimal dalam setiap cabang yang dilombakan dalam Pentas PAI III Tingkat Provinsi Aceh di Banda Aceh, yang akan berlangsung dari tanggal 21 sampai dengan 25 Juli 2017 di Komplek Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh itu. “Jika pada Pentas Tingkat Provinsi yang lalu, Aceh Besar meraih Peringkat kedua tingkat Provinsi, saya berharap tahun ini kontingen Aceh Besar dapat meraih peringkat pertama dan juara umum,” harapnya. 

Selain itu Bupati Aceh Besar mengatakan ikut prihatin dengan kondisi generasi muda hari ini. Siswa atau pelajar masih terindikasi perilaku menyimpang yang tidak sesuai dengan norma agama, norma hukum, dan norma susila. 

Bupati atas nama Pemerintah Aceh Besar menaruh harapan pada Pendidikan Agama Islam (PAI) ini. 

Dalam kesempatan itu, Bupati juga berharap dan berjanji selama kepemimpinannya lima tahun ke depan akan serius memperhatikan Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan di sekolah, madrasah dan dayah di Aceh Besar.

Sementara Kepala Seksi Pedidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Aceh Besar H. Juniazi, S.Ag. M.Pd, selaku Ketua Kontingen Pentas PAI Aceh Besar, dalam laporannya menjelaskan Kontingen Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Kabupaten Aceh Besar seluruhnya berjumlah 39 orang. 

 "31 orang peserta dan 8 orang pendamping. Serta ditambah offisial sebanyak 10 orang", rincinya. 

H Juniazi mengatakan kontingen Aceh Besar pada Pentas PAI III Provinsi Aceh yang dilaksanakan di taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh (21-25/7) itu akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan dalam Pentas PAI kali ini, 

"Insya Allah Aceh besar akan mengikuti 8 cabang perlombaan yakni, MTQ Tingkat SD, SMP dan SMA/SMK (Putra dan Putri) berjumlah 6 orang, Lomba Pidato PAI (LPP) Tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK (Putra dan Putri) berjumlah 6 orang, Lomba Musabaqah Hifzil Quran (MHQ) Tingkat SD dan SMP (Putra dan Putri) berjumlah 4 orang, Lomba Cerdas Cermat PAI (LCP) Tingkat SD dan SMP, masing-masing 3 orang putra dan/atau putri berjumlah 6 orang, Lomba Kaligrafi Islam (LKI) tingkat SMP Putri 1 orang, Lomba Seni Nasyid Tingkat SMA/SMK 4 orang putra, Lomba Debat PAI Tingkat SMA/SMK 3 orang putri. Dan Lomba Kreasi Busana Tingkat SMA/SMK 1 orang putri," jelasnya. 

"Seluruh peserta Aceh Besar yang kita kirim adalah hasil proses seleksi yang kita lakukan tahun lalu secara berjenjang dari tingkat satuan pendidikan, tingkat gugus, rayon sampai tingkat Kabupaten",ujarnya. 

“Alhamdulillah, Pemerintah Aceh Besar melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, setiap tahun mengalokasikan anggaran untuk proses seleksi peserta Pentas PAI", sambungnya. H Juniazi mengatakan seluruh Peserta dan Kontingen Pentas PAI Kabupaten Aceh Besar selama kegiatan ini berlangsung tinggal dan menginap di anjungan Kabupaten Aceh Besar di Komplek Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh. 

“Besar harapan kami doa, perhatian, bimbingan dan bantuan Pemerintah Daerah akan sangat membantu niat dan tekad bulat kontingen ini untuk meraih juara umum tahun ini” harapnya.(Anwar Citra)
SHARE :
 
Top