Ketua Umum KONI Aceh Besar Saifuddin Yahya SE memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Satuan Tugas Pemusatan Latihan Daerah PORA ke-13 Tahap I di Gedung KONI Aceh Besar, Sabtu (29/07). Foto : Mariadi
Lamurionline.com--Darussalam. KONI Kabupaten Aceh Besar akan melakukan tes kebugaran jasmani yang diikuti 400 atlet menyongsong Pekan Olahraga Aceh (PORA) XIII tahun 2018 mendatang. Tes tersebut direncanakan berlangsung di Sport Center Unsyiah Darussalam, Banda Aceh, pada Sabtu dan Minggu (5-6/08) mendatang. 

Hal tersebut terungkap pada Rapat Koordinasi Satuan Tugas Pemusatan Latihan Daerah (Satgas Pelatda Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke-13 Tahap I di Sekretariat KONI Aceh Besar, Sabtu (29/07). Ketua Umum KONI Aceh Besar, Saifuddin Yahya SE menyatakan, pihaknya bersama seluruh pengurus Pengurus Cabang Olahraga, pelatih, dan atlet akan bersungguh-sungguh dan serius, dengan harapan dapat meraih kesuksesan penyelenggaraan PORA ke-13 serta meraih juara umum PORA tersebut. 

“Insya Allah, dengan dukungan semua pihak, Aceh Besar akan berjaya di ajang PORA ke-13 tahun 2018 mendatang,” katanya. Ditambahkannya, tes kebugaran jasmani tersebut akan diikuti oleh sekitar 400 atlet dari 29 cabang olahraga dan dipusatkan di Sport Center dan Stadion Mini Unsyiah pada 5-6 Agustus 2017. 

"Untuk itu kepada para pengurus dan pelatih dapat memboyong atlet mengikuti tes tersebut," pinta Pak Cek. Sementara, Sekretaris Umum KONI Aceh Besar, Yusran SPd MPd menambahkan, tes kebugaran jasmani akan dibimbing langsung oleh tim dari Unsyiah, di antaranya Ifuandi SPd MPd dan Dr Yeni Marlina MPd. 

Tes kebugaran jasmani meliputi kecepatan, kelincahan, power/daya ledak, sit-up, push-up, kelentukan, koordinasi mata tangan, dan tangan. Dikatakan, atlet yang telah mengikuti tes kebugaran jasmani akan terus dilakukan evaluasi perkembangannya selama nantinya mengikuti Pelatda berjalan yang ditangani langsung oleh masing-masing pelatih Cabor. 

Foto : Mariadi
Tes dan Pelatda berjalan ini dimaksudkan untuk memperoleh data statistik dan kemampuan dasar yang dimiliki para atlet hingga akhir tahun 2017, sedangkan pada 2018 akan ada Pelatda terpusat hingga menjelang kegiatan PORA ke-13 dimulai. 

"Dalam Pelatda terpusat inilah akan diketahui kemampuan atlet dan di situlah bisa mengukur berapa proyeksi medali yang bakal diraih," jelasnya. 

Pada PORA ke-13 tahun 2018 mendatang, Kabupaten Aceh Besar ditunjuk selaku tuan rumah. Untuk itulah, Aceh Besar bertekad menjadi tuan rumah yang sukses, sekaligus membidik target juara umum pada even bergengsi olahraga tingkat Provinsi Aceh tersebut. 

Rakor yang belangsung sehari selain dihadiri Ketua umum, Sekum, para Wakil Ketua dan pengurus KONI Aceh Besar, rapat itu juga diikuti para pengurus Cabor, pelatih serta Satgas Pelatda yang diketuai Ir Abdul Harris MT. (Mariadi)
SHARE :
 
Top