ads1

Foto : Akhi Munandar
Lamurionline.com--Lhoong. Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banda Aceh dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh kembali menggelar bakti sosial. Bakti sosial tersebut berlangsung di kawasan lintas barat Aceh, tepatnya di Gampong Lamsujen, Kecamatan Lhoong, Aceh besar pada hari Minggu, (23/07). 

Kali ini merupakan bakti sosial jilid 3, setelah sukses melaksanakan bakti sosial jilid 1 dan 2 yang berlokasi di Lamteuba dan Mesalee. Agenda bakti sosial kali ini meliputi pelayanan kesehatan gratis, konsultasi gizi, pembagian susu, psikoedukasi, distribusi pakaian layak pakai, dan meuseuraya (gotong royong). 

Semua agenda kegiatan berlangsung di Dayah Bustanul Salatin, kecuali meuseuraya yang dilakukan di Meunasah gampong setempat. Sebagaimana biasanya, bakti sosial kali ini juga diawali dengan briefing yang dipimpin oleh saudara Akhi Munandar selaku Koordinator Daerah (Korda) MRI Banda Aceh. 

Dalam briefing tersebut, Akhi mampu membakar semangat 76 orang relawan yang hadir. Usai briefing, para relawan langsung mengambil bagian masing-masing untuk menjalankan aksi. Beberapa saat kemudian, masyarakat mulai berdatangan dan langsung menikmati layanan kesehatan gratis. Masyarakat tidak hanya diperiksa oleh dokter, namun juga melakukan konsultasi gizi dan diberikan obat secara gratis. Khususnya lansia dan ibu hamil, juga dilengkapi dengan susu sesuai kebutuhan. 

Selain itu, sebagian masyarakat lainnya begitu antusias pada kegiatan pendistribusian pakaian layak pakai. Berbagai jenis pakaian seperti pakaian dewasa laki-laki dan perempuan, pakaian remaja laki-laki dan perempuan, pakaian anak-anak laki-laki dan perempuan, serta beberapa buku, sajadah, tas, dan sepatu Alhamdulillah berhasil terdistribusikan dengan baik kepada masyarakat. 

Disaat yang bersamaan, sesekali terdengar gelak tawa kebahagiaan anak-anak lamsujen yang sedang mengikuti kegiatan psikoedukasi. Bersama para relawan, mereka melakukan senam penguin, belajar mengenal empati, dan belajar memiliki cita-cita yang tinggi sebagai generasi penerus bangsa. Kemudian, bersama para relawan anak-anak lamsujen juga melakukan operasi semut, yaitu bergotong royong membersihkan area Dayah Bustanul Salatin yang merupakan tempat berlangsungnya pengajian anak-anak lamsujen setiap sore harinya. 

Kegiatan psikoedukasi diakhiri dengan pembagian roti dan susu kepada anak-anak Gampong Lamsujen. Gotong royong serupa juga berlangsung di meunasah desa setempat. Para relawan yang bertugas dibagian tersebut menyapu dan mengepel lantai meunasah, membersihkan pekarangan meunasah, serta membersihkan toilet dan tempat wudhu. Alhamdulillah, seluruh kegiatan berjalan sesuai dengan yang direncanakan. 

Syarwani selaku keuchik Gampong Lamsujen mewakili aparatur gampong dan masyarakat desa setempat mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang telah melaksanakan bakti sosial di Gampong Lamsujen.

"Semoga hubungan silaturrahmi terus berlanjut" ucap pak keuchik pada acara penutupan. 

Pada sesi penutupan pula berlangsung penyerahan Al-Qur'an yang diwakili oleh Laila Khalidah selaku Bidang Program di ACT Cabang Aceh kepada pak keuchik Gampong Lamsujen. Bakti sosial tersebut diakhiri dengan makan siang dan makan durian bersama yang berlangsung di kawasan pasar durian Lamsujen.(Cut Nyak Ulfah Kurnia)
SHARE :
 
Top