Tiga qari terbaik Aceh Besar sedang membacakan ayat suci al Quran pada peringatan 1 Muharram 1439 H di Komplek Masjid Nurul Falah Kemukiman Klieng, Kecamatan Baitussalam, Kamis (21/09) malam. Foto: Humas Pemkab Aceh Besar
Lamurionline.com. Baitussalam - Ribuan masyarakat Aceh Besar menghadiri Haflah Quran yang dirangkai dengan peringatan 1 Muharram 1439 H di Komplek Masjid Nurul Falah Kemukiman Klieng, Kecamatan Baitussalam, Kamis (21/09) malam.

Hadir juga Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, Wabup Tgk H Husaini A Wahab, Kapolres Aceh Besar AKBP Heru Suprihasto, unsur Forkopimda Aceh Besar, Kapolresta Banda Aceh Kombes T Saladin, kepala SKPD, geusyik dan tokoh tokoh masyarakat.

Haflah Quran yang menampilkan qari internasional Ustad H Taqdir Feriza Hasan SPdi, dan dua qari Aceh Besar lainnya masing masing Ustad T Mardhatillah SHi MH, dan Ustad Mahlil M Jamil SHi.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali dalam sambutannya mengajak umat Islam untuk menjadikan momentum 1 Muharram sebagai wahana peningkatan iman dan taqwa. Ia juga meminta seluruh komponen masyarakat bahu - membahu membangun daerah.

Sementara itu, ceramah 1 Muharram disampaikan oleh Tgk H Husaini A Wahab yang juga Wakil Bupati Aceh Besar, dimana dia menegaskan bahwa dengan memperingati hijrah Rasulullah SAW sebagai momentum hijrah yang hakiki. 

Dimana, hijrah bukan menjauh atau menghindari, namun hijrah memperbaiki diri. Begitupun, Waled Husaini sapaan akrab Wabup Aceh Besar juga menyerukan umat Islam untuk senantiasa gemar melaksanakan kebaikan dan membenci kemungkaran.

Saat ini, bahaya yang sangat besar ditengah umat adalah narkoba ungkapnya, dimana barang terlarang itu menjadi salah satu musuh yang harus dihindari.

Untuk itu, umat Islam mesti bersama sama membenci narkoba, apalagi sudah banyak orang yang jadi korban. Termasuk masyarakat, artis, anggota dewan, pengusaha dan tak terkecuali anak anak dari keluarga muslim.

"Jadi mengajarkan nilai nilai agama adalah solusi untuk mencegah narkoba masuk ke rumah tangga muslim," pungkas Waled Husaini.

Sebelumnya, Plt Kadis Syariat Islam Kabupaten Aceh Besar, Carbaini SAg, mengatakan, selain peringatan tahun baru Islam 1439 H, kegiatan ini juga silaturahmi antara Pemkab Aceh Besar dan masyarakat serta dilakukan peusijuek (tepung tawari-red) Bupati Mawardi Ali dan Wabup Tgk Husaini A Wahab.

Dikatakan juga, pada peringatan tahun baru islam kali ini disetiap masjid, meunasah dan musallah di seluruh wilayah Aceh Besar juga digelar zikir serta doa bersama. (Mariadi)
SHARE :
 
Top