Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, meninjau Pasar Induk Lambaro di Kecamatan Ingin Jaya, untuk memantau harga dan memastikan stok kebutuhan bahan pokok menjelang megang dan Ramadhan 1439 Hijriah, Senin (14/5/2018). Foto: Mariadi
LAMURIONLINE.COM | JANTHO - Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali bersama Forkopimda Aceh Besar, Senin (14/5) pagi meninjau Pasar Induk Lambaro di Kecamatan Ingin Jaya. Tujuannya, untuk memantau harga dan memastikan stok kebutuhan bahan pokok menjelang megang dan Ramadhan 1439 Hijriah tahun ini.

Bupati Mawardi yang tiba pukul 9.00 WIB bersama unsur Forkopimda, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Taufiq SH, Muspika Ingin Jaya beserta rombongan memasuki area pasar induk dan langsung membaur dengan pembeli dan pedagang yang sudah berdesakan di pasar terbesar di Aceh itu. 

Saat ditanya Bupati Aceh Besar kepada para pedagang daging, kemarin, harga daging kebutuhan megang masih berkisar Rp140.000/Kg.

"Harga masih sama dengan dua hari ini berkisar antara Rp 130 hingga Rp 140 ribu, mungkin bisa naik sedikit pak kalau banyak permintaan megang," kata Mukhtar penjual daging sambil tersenyum.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali, meninjau gudang Bulog Aceh untukmemastikan stok beras menjelang puasa Ramadhan 1439 Hijriah, di Blang Bintang, Senin (14/5/2018). Foto: Mariadi
Selain memantau harga dan stok daging ada kesempatan itu, Bupati Mawardi Ali juga meninjau pedagang bumbu masak, sayur, ayam, ikan serta pedagang beras dan bahan sembako lainnya.  Kendati padatnya masyarakat yang ingin membeli kebutuhan menjelang puasa Ramadhab dan membeli daging meugang, Bupati beserta rombongan terus dengan atusias mendatangi sejumlah pedangang yang ada dalam pasar Induk satu-satunya di Aceh tersebut. 

Setelah satu setengan jam blusukan di pasar Induk Lambaro untuk memantau pasokan dan harga jual sejumlah barang kebutuhan masyarakat, Bupati Mawardi langsung meluncur ke Gudang Bulog yang berada di Jalan Blang Bintang. Bupati beserta rombongan melihat langsung stok 3.500 ton beras medium tersedia cukup untuk 8 bulan bagi kebutuhan Aceh Besar, Kota Banda Aceh dan sekitarnya.

"Beras Surplus untuk Aceh Besar, masyarakat tersedia cukup beras di rumah dalam bulan Ramadhan ini dan kita juga berharap selain stok yang cukup dimana harga stabil," pungkas Mawardi Ali.
Begitupun, tidak hanya gudang beras yang ditinjau, tapi gudang gula dan gudang minyak pun milik Bulog di lihat langsung oleh Bupati Aceh Besar Mawardi Ali yang semata-mata untuk memastikan semua stok tersedia bagi masyarakat menjelang megang dan Ramadhan.


Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar Taufiq SH, mengungkapkan bahwa harga kebutuhan pokok di Pasar Induk Lambaro dan pasar-pasar lain di Aceh Besar rata-rata stabil kecuali daging, ayam boiler dan udang windu sedikit naik karena dipengaruhi permintaan menjelang megang. Sementara cabe, tomat, kacang-kacangan dan hasil pertanian lainnya tidak mengalami kenaikan signifikan karena distribusi lancar dan permintaan normal.


"Pasar lambaro sebagai pusat kendali inflasi dan pusat distribusi terbesar untuk Banda Aceh, Sabang dan Aceh Jaya terus diawasi oleh Pemerintah Aceh Besar agar tidak terjadi permainan harga dan menjaga inflasi daerah," demikian Taufiq. (Mariadi)
SHARE :
 
Top