Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | ACEH BESAR - Akibat diterjang angin kencang yang melanda dalam beberapa hari di wilayah Kabupaten Aceh Besar ada 52 rumah warga mengalami kerusakan. Musibah ini terjadi di 11 kecamatan di Aceh Besar sepanjang dua hari terakhir.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Aceh Besar, Drs Iskandar MSi, bersama Kepala Dinas Sosial Aceh Besar, Jakfar SP, Jumat (20/7) mengatakan angin kencang yang  melanda kawasan Aceh Besar dan sejumlah daerah lainnya dalam beberapa hari terakhir.

Selain merusak puluhan rumah dan bangunan milik warga, angin yang disertai hujan tersebut juga menumbangkan sejumlah pohon, baik yang ada di sejumlah ruas jalan maupun di kawasan perkampungan.

"Meski sempat menimbulkan kepanikan akibat terjadinya musibah pada malam hari, namun tidak sempat menimbulkan korban jiwa manusia. Kami harapkan para korban bencana alam tetap sabar dan tabah menghadapi musibah," pungkasnya

Ditegaskan Sekda Iskandar, Pemkab Aceh Besar dalam penanganan korban musibah angin kencang ini, melalui Dinas Sosial telah memberikan bantuan masa panik di lokasi bencana. Untuk rumah yang rusak sedang dan ringan akan direhab sesuai dengan kebutuhan dan yang rusak berat akan dibangun kembali.

"Insya Allah mereka yang mengalami musibah pemerintah terus memperhatikan dan nanti semua akan di data untuk diberikan dana rehab sesuai dengan kerusakannya. Jika dalam pendataan ada rumah warga miskin yang mengalami musibah dan tidak bisa ditempati lagi kami akan usulkan kepda bapak Bupati Aceh Besar untuk dapat dibangun rumah layak huni," ujar Sekdakab Aceh Besar Drs Iskandar MSi.

Sementara itu Kadis Sosial Aceh Besar, Jakfar SP didampingi Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Aceh Besar, Isnawati SPi MSi menjelaskan kerusakan yang dialami 52 rumah dan bangunan warga tersebut masing-masing 22 rusak berat, 20 rusak sedang dan 10 rusak ringan dengan perkiraan jumlah kerugian mencamat Rp 510 juta.

Kadis Sosial Aceh Besar Jakfar SP melihat kerusakan rumah  Gampong Lutu Dayah Krueng, Sibreh Kecamatan Suka Makmur, Jumat (20/7). Dok. IST
Kerusakan itu tersebar di 11 kecamatan dalam wilayah Aceh Besar meliputi Kecamatan Montasik, Krueng Barona Jaya, Darul Imarah, Darul Kamal, Simpang Tiga dan Suka Makmur. Selanjutnya, angin kencang juga terjadi di Kecamatan Ingin Jaya, Blang Bintang, Peukan Bada, Indrapuri dan Seulimuem.

"Bantuan masa panik telah langsung diberikan untuk korban musibah meliputi tenda gulung, matras, selimut, sembako dan air mineral dilokasi musibah," tutur Jakfar.

Lebih lanjut dikatakan Jakfar, pihaknya dalam penanganan musibah yang dialami warga turut bersama terus membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Taruna siaga bencana (TAGANA), TKSK (tenaga kesejahtraan sosial kecamatan) dan Muspika kecamatan setempat. (mariadi)
SHARE :
 
Top