Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | BOGOR - Forum Jurnalis Muslim (Forjim) bersama DKM Masjid Alumni IPB Kota Bogor dan Kalam TV menggelar Pelatihan Jurnalistik Dakwah di Masjid Alumni IPB Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (29/09).

Pelatihan yang diberi nama "One Masjid One Journalist (OMOJ)" ini diikuti oleh sekitar 50 peserta dari perwakilan aktivis masjid, lembaga Islam dan masyarakat umum. Acara ini dibuka oleh Ketua Umum Forjim Dudy Syaba'ni Takdir.

Dalam sambutannya, Dudy menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk membekali para aktivis dakwah yang berkecimpung dalam dunia jurnalistik agar mampu memanfaatkan teknologi dan mengemas informasi yang bermanfaat untuk kepentingan dakwah Islam.

"Kami berharap agar setiap masjid ada satu jurnalis, menyebarkan ilmunya para ulama atau mengenalkan berbagai kegiatan masjid. Ini dilakukan karena kebangkitan umat Islam itu berasal dari masjid," ujar redaktur pelaksana Ahad.co.id itu.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diajarkan bagaimana pentingnya memanfaatkan media sebagai alat untuk berdakwah, cara teknik menulis berita dan wawancara serta bagaimana teknik membuat video pendek melalui smartphone.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore ini disambut antusias para peserta, semangat mereka ditunjukkan dengan kemampuan membuat berita singkat dan video pendek dalam sesi praktek.

Selain itu, antusias juga ditunjukkan masyarakat Bogor dan sekitarnya atas kehadiran pelatihan jurnalistik bersama Forjim di Kota Hujan ini. Meski pendaftaran sudah ditutup, masih banyak masyarakat yang berminat untuk mendaftar. Merespon hal tersebut, DKM Masjid Alumni IPB Kota Bogor berjanji akan kembali mengadakan acara serupa di kemudian hari.

Pelatihan jurnalistik di Bogor ini merupakan angkatan ke-5 yang digelar Forjim. Acara OMOJ ini terselenggara berkat dukungan PayTren dan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi).

Rencananya pada Oktober mendatang, angkatan ke-6 akan diselenggarakan di Tasikmalaya, Jawa Barat. Dalam kesempatan tersebut juga akan dilakukan pembentukan pengurus Forjim Jawa Barat. (*/smh)
SHARE :
 
Top