Loading...


Oleh : Herman Hilmy S

Olahraga memanah bukan hanya demi kesehatan tapi juga sekaligus untuk mengamalkan sunah Rasulullah SAW. Dalam hadist juga di anjurkan Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim).

Memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW, pada masa Rasulullah dan khulafaur rasyidin, panah dan memanah pada zaman dulu menjadi peranan penting untuk perang, keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dikala itu, dalam memperkuat dan memperjuangkan kemenangan di medan perang.

Dalam waktu 2-3 tahun terakhir ini mulai digemari oleh masyarakat, olahraga memanah dan memang bukan olahraga biasa, namun juga bisa untuk mengembalikan ruh perjuangan kaum Muslimin, dan salah satu hikmah dari perintah memanah adalah adanya olah adab serta akhlak.

Ajarilah anak-anak kita untuk belajar memanah, karena sangat bermanfaat dalam kehidupan ini salah satunya adalah berkonsentrasi penuh, yang mana sebuah pekerjaan berat dan bisa membuat pemanah mandi keringat, yang perlu di lakukan adalah focus, serius dan berkonsentrasi dalam membidik.

Ketika seorang pemanah terburu-buru melepaskan anak panah, ia justru akan gagal menggapai titik merah di pusat papan sasaran, Olahraga panahan tentu saja diikuti oleh banyak orang. Dari pelatih, anak didik, hingga orang tua yang tengah menunggui anak-anak mereka. Oleh sebab itu, terbuka banyak peluang untuk bersosialisasi. Akibatnya, seorang pemanah, biasanya punya kepercayaan diri yang tinggi dan mudah bergaul karena komunikasi yang intens, kecuali ketika ia tengah membidik sasaran.
 
Oleh karena itu janganlah kalian malas untuk menyibukkan diri dengan panah kalian. Artinya, hendaknya kalian bersemangat dalam perkara panah-memanah, berlatihlah dan pegang skill tersebut dengan gigi geraham. Sampai ketika tiba waktunya untuk memerangi musuh-musuh Islam, kalian sudah hebat dalam hal itu. 

Dalam Islampun bukan untuk mencari musuh, Islam selalu menjaga kerukunan ini dalam bingkai NKRI untuk menjadikan bangsa ini bersatu dan nyaman dalam kesehariannya, belajar memanah baik untuk kesehatan dan mempersiapkan diri kita menjadi manusia yang tangguh.

Oleh sebab itu dianjurkan menjadikan panahan sebagai lahwun karena adanya kecenderungan untuk menyukai latihan memanah juga menyukai pertandingan dan perlombaan memanah. (Berbagai Sumber)
 

SHARE :
 
Top