Loading...

Dok. Cek Man
LAMURIONLINE.COM | INDRAPURI - Upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke–73 Kabupaten Aceh Besar, Kamis (3/1/2019) di lapangan Kompleks Dayah Tgk Chiek Oemar Diyan, Indrapuri, berlangsung khidmat. Setdakab Aceh Besar, Drs Iskandar MSi yang mewakili Bupati Aceh Besar bertindak sebagai pembina upacara. 
Upacara HAB itu diikuti ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kemenag Aceh Besar, Penyuluh, Penghulu, Kepala KUA, Forkompimda, pelajar, guru, dan unsur SKPA.
Dalam sambutan tertulis, Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin yang dibacakan oleh Drs Iskandar MSi ditegaskan, bahwa salah satu tugas Kementerian Agama adalah untuk mengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.

Maka, kata Menteri Agama lagi, Hari Amal Bakti Kementerian Agama membawa pesan untuk mewujudkan supremasi nilai-nilai ke-Tuhan-an dan keagamaan sebagai ruh pembangunan dan kemajuan bangsa. Masalah agama adalah masalah yang amat peka yang bila tidak ditangani dengan hati-hati dapat menimbulkan persoalan yang rumit. Oleh sebab itu, Kementerian Agama amat menyadari pentingnya kematangan cara berpikir dan bertindak dalam mengelola urusan keagamaan, menjaga kerukunan beragama serta mendorong pembudayaan moderasi beragama bagi semua warga bangsa.
"Sejalan dengan tema Hari Amal Bakti Kementerian Agama tahun ini, yaitu "Jaga Kebersamaan Umat", saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama, apalagi di tahun politik sekarang ini, mari senantiasa menebarkan energi kebersamaan, merawat kerukunan, dan menempatkan diri di atas dan untuk semua kelompok dan golongan kepentingan.” pesan Menteri yang dibacakan Iskandar.
Sementara Kepala Kankemenag Aceh Besar, H Abrar Zym SAg menyampaikan, bahwa Aceh Besar yang mencakup 23 Kecamatan dengan luas wilayah dan teritorial yang cukup besar, ia berharap kepada para ASN untuk terus meningkatkan kedisiplinan dan kinerja serta melayani masyarakat dengan baik, serta membuat zona integritas wilayah bebas korupsi. Untuk madrasah ia meminta untuk terus meningkatkan prestasi agar menjadi lebih baik dalam mendidik para generasi. 

Sementara Ketua Panitia Pelaksana H Khalid Wardana SAg kepada Media Lamurionline.com, mengatakan dalam rangka HAB Ke-73, Kemenag Aceh Besar juga melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya penyerahan Setya Lencana Karya Satya dari Presiden RI kepada 20 ASN, penyerahan sertifikat tanah wakaf secara simbolis, Penyerahan santunan untuk 30 anak yatim, penyerahan piagam penghargaan bagi sejumlah ASN Kemenag Aceh Besar yang berprestasi serta agenda sosial kegiatan donor darah, demikian Khalid.

Editor: Cek Abrar
Dokumentasi: Cek Man
SHARE :
 
Top