Loading...

Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | INDRAPURI - Sebanyak 156 orang terdiri dari unsur keuchik, tuha peut dan perwakilan perempuan dari 52 gampong yang ada di wilayah Kecamatan Indrapuri mengikuti Bursa Inovasi Desa (BID) yang berlangsung di Gedung Serba Guna Kecamatan Indrapuri, Rabu (31/7).

Bursa Inovasi Desa Kecamatan Indrapuri dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi. Turut hadir Koordinator P3MD PID Aceh, Zulfahmi Hasan dan meninjau salah satu bursa saat pelaksanaan BID di Kecamatan Indrapuri, Muspika Indrapuri dan tokoh masyarakat.

Bahrul Jamil menjelaskan sampai saat ini pelaksanaan BID berlangsung sukses dan Ia mendorong pemerintah desa atau gampong di Aceh Besar untuk memaksimalkan Dana Desa (DD) dalam aspek pemberdayaan melalui Bursa Inovasi Desa. 

"Pemanfaatan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tidak sekadar untuk pembangunan infrastruktur, melainkan juga pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)," pintanya.

Menurut BJ sapaan akrab Bahrul Jamil, Dana Desa yang di setiap desa nilainya mencapai ratusan juta per tahun selama ini pemanfaatannya belum maksimal.

"Sebagian besar hanya berkutat pada pembangunan fisik berupa pembangunan jalan atau pembangunan fisik lainnya," ujarnya.

"Untuk itu desa-desa di Kecamatan Indrapuri melalui Bursa Inovasi Desa didorong untuk memaksimalkan penggunaan anggaran yang dikelolanya. Sebagaimana komitmen yang telah dibuat oleh masing-masing desa, pengembangan pembangunan di wilayah Aceh Besae untuk hal ekonomi dan SDM," tegas BJ.

Hal ini dilakukan, lanjut BJ, supaya pembangunan tidak hanya terfokus pada infrastruktur yang notabene banyak sudah tersedia. 

"Kami arahkan kepada pemberdayaan ekonomi gampong. Sehingga masyarakat bisa terangkat kesejahteraannya dan perekonomiannya. Insya BID pada  Kamis 1 Agustus 2019 akan digelar Kecamatan Lembah Seulawah” demikian Bahrul Jamil SSos MSi, Kadis DPMG Aceh Besar.

Sementara Camat Indrapuri, Dr Efendi MSi, pada kesempatan tersebut mengajak seluruh keuchik Gampong untuk terus berinovasi demi mewujudkan pembangunan yang lebih maksimal dan baik.

"Bursa Inovasi inilah kita bisa menuangkan ide-ide dan komitmen kita untuk merubah arah pembangunan ke arah yang lebih inovatif terutama perkembangan SDM" ujar Efendi.

Ketua Panitia Syarifuddin, menjelaskan panitia pelaksanaan kegiatan Bursa Inovasi Desa adalah pihak Kecamatan,TPID, PD serta PLD. Sementara Dana Bursa Inovasi Desa kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar bersumber dari 15 % Dana DOK TPID Tahun 2019. 

"Harapan setiap desa diharapkan dapat memberdayakan potensi yang ada," pungkas Syarifuddin. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top