Dok. IST
LAMURIONLINE.COM | SEULIMEUM - Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk H Husaini A Wahab buka Bursa Inovasi Desa (BID) Kecamatan Seulimuem Tahun 2019 yang berlangsung di Aula Kantor Camat setempat, Selasa (30/7).

Wakil Bupati Aceh Besar menyampaikan dalam pertemuan BID mampu memberikan kontribusi bagi atau usaha dan program desa atau gampong untuk dapat meningkatkan kemampuannya guna mengatur dan mengurus ekonomi masyarakat guna meningkatkan ekonominya.

"Saya berharap para keuchik di kabupaten Aceh Besar memiliki ide-ide brilian membangun gampongnya, jangan menunggu ide dari kabupaten. Bahkan, dengan dana yang besar atau dana desa para keuchik harus mampu berinovasi dan berbagai hal" ujar Wakil Bupati.

"Dengan dana besar dari kementerian dan pemerintah daerah tidak ada alasan lagi untuk tidak berinovasi untuk membangun gampong dan mensejahterakan warga,"  ujarnya.

Menurut Waled Husaini sapaan akrab Wabup Aceh Besar, bahwa Program Bursa Inovasi Desa (BID) sebagai bagian dari pembinaan pemberdayaan masyarakat desa yang merupakan pengembangan dari proses menuju ke arah yang lebih baik. 

"Saat ini gampong harus mampu melaksanakan kegiatan perencanaan dan penganggaran guna merumuskan program prioritas tahun anggaran 2020 melalui musyawarah gampong," pintanya.

Untuk mengefektifkan perencanaan pembangunan desa maka para stakeholder perencana desa perlu mengembangkan wawasan yang inovatif. 


"Salah satu caranya yaitu dengan belajar dari cerita sukses dan inovatif dari desa lainnya,” ungkapnya.

Kemudian, kata Wakil Bupati Aceh Besar, mengatakan pemerintah juga terus meningkatkan jumlah dana desa. Ini adalah saat yang tepat bagi desa untuk menjalankan amanah dari masyarakat tersebut. Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah hanyalah fasilitator yang bertugas mengawal, membimbing, mengawasi dan memfasilitasi bagaimana desa dalam melaksanakan amanah tersebut dengan mengelola dana desa menjadi energi pembangunan yang mampu melahirkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi desa 

"Bursa Inovasi Desa dilakukan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang akan di danai oleh dana desa," demikian Waled Husaini A Wahab

Sementara itu, Ketua Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Aceh Besar, Bahrul Jamil SSos MSi yang juga Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong ( DPMG) Aceh Besar menjelaskan, BID dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan pilihan solusi bagi penyelesaian masalah serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif. 

“Pelaksanaan kegiatan BID tahun 2019 diselenggarakan di 23 Kecamatan di Aceh Besar," katanya.

Disebutkan, BJ sapaan akrab Bahrul Jamil SSos MSi, pada hari yang sama Selasa 30 Juli 2019, selain di Seulimum yang diikuti Keuchik, BPD dan tokoh perempuan jumlah peserta 141 orang meliputi TIK.OPD terkait. BID Kecamatan Darul Kamal dibuka oleh Kadis DPMG Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi dengan 42 orang  peserta terdiri dari keuchik, tuha peut dan KPM dan berlangsung di aula Kantor Camat setempat serta dihadiri Muspika Darul Kamal.


Sedangkan BID Kecamatan Kuta Malaka, yang dibuka Asisten I Setdakab Aceh Besar atau Plh Sekdakab Aceh Besar Abdullah SSos, dihadiri oleh 45 peserta dari 15 gampong meliputi unsur keuchik, tuha peut dan KPM. Untuk BID Kecamatan Lhoong dibuka Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Setdakab Aceh Besar M Ali SSos MSi.

Sementara .Ketua Panpel BID Peukan Bada Mawardi AJ/ Ka.TPID menyebutkan BID di Peukan Bada yang berlangsung di UDKP setempat di buka Asisten III Setdakab Aceh Besar Dr Samsul Bahri MSi diikuti 120 peserta dan dihadiri anggota DPRK  Yusran Yunus MA, Muspika, pejabat DPMG dan tokoh-tokoh masyarakat. 

Kepala DPMG Aceh Besar Bahrul Jamil SSos MSi, menambahkan bahwa pelaksanaan Bursa Inovasi Desa untuk hari Rabu 31 Juli 2019 akan diselenggarakan di Kecamatan Indrapuri dan Pulo Aceh. 

"Insya Allah keduanya bisa berlangsung sukses seperti BID di Kecamatan lain," demikian BJ. (mariadi)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top