Dok. IST
LAMURIONLINE.COM I ACEH - Sebanyak 97 calon Asesor Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal Regional Sumatera Utara dan Aceh lulus seleksi akhir setelah melewati beberapa tahapan seleksi. 

Surat penetapan kelulusan pelatihan calon asesor ini diterbitkan di Jakarta dan ditandatangani langsung oleh Ketua BAN PAUD PNF. Proses dimulai dari seleksi administrasi, Tes Potensi Akademik berbasis komputer dan yang terakhir adalah seleksi Pelatihan Calon Asesor yang dilaksanakan di Sumatera Utara. Seleksi akhir ini meliputi penilaian partisipasi, kinerja saat praktik akreditasi (visitasi, validasi dan verifikasi), presentasi hasil praktik dan Ujian Asesor Berbasis Komputer ( UABK ).

Seleksi calon asesor ini diikuti oleh 29 Propinsi di seluruh Indonesia  untuk menghasilkan asesor yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam menilai dan melaksanakan proses akreditasi dari setiap tahap. Pada tahun 2019 pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD dan PNF) akan melakukan penilaian kelayakan terhadap 35.750 satuan PAUD dan PNF di seluruh Indonesia. 

Salah satu komponen sistim akreditasi adalah tim tenaga asesor yang berkualitas. Guna memenuhi target penilaian tersebut maka dibutuhkan sejumlah asesor yang akan melaksanakan proses akreditasi. Asesor yang telah dimiliki oleh BAN PAUD dan PNF saat ini belum cukup untuk menilai seluruh lembaga yang menjadi target penilaian. Masing masing terdapat  56 asesor baru untuk Propinsi Sumatera Utara dan 41  asesor  baru untuk Propinsi Aceh yang lulus seleksi akhir. 

Nantinya para asesor ini akan bertugas melakukan serangkaian kegiatan akreditasi untuk satuan PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini ) dan PNF ( Pendidikan Non Formal ) misalnya  PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ) serta LKP ( Lembaga Kursus dan Pelatihan ). 

Ketua Forum Lembaga Kursus Dan Pelatihan Propinsi Aceh, Syahril Kiram,S.E, melalui rilisnya di Lamurionline.com, Sabtu (06/07) menyebutkan bahwa pihaknya juga sering melakukan diskusi terhadap para calon asesor rumpun LKP agar nantinya para asesor ini dapat menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan amanat undang – undang demi memajukan Pendidikan di Indonesia.Muslim,S.E selaku Ketua SIMA ( Sistim Informasi Manajemen Akreditasi ) BAN Paud PNF Provinsi Aceh menuturkan bahwa  kelulusan asesor baru hampir mencapai 100 %, 41 orang dari 42 peserta yg ikut pelatihan calon asesor.

Tahun ini Aceh dapat kuota akreditasi sebanyak 500 lembaga, dengan penambahan 41 asesor baru berarti sekarang total asesor akreditasi PLS di Aceh menjadi 103 orang.  Ini akan sangat membantu percepatan akreditasi Lembaga PLS (Pendidikan Luar Sekolah) di Aceh seperti PAUD/TK/RA, LKP dan PKBM yang berjumlah sekitar 6.000 lembaga. Diharapkan, para asesor baru ini sudah dapat bertugas mulai awal semester depan yaitu pertengahan Juli 2019. Mereka akan digandengkan dengan asesor senior untuk mengunjungi lembaga-lembaga yg akan diakreditasi di 23 kabupaten/kota di Aceh. (Bai)

Berikut Daftar para Asesor baru BAN PAUD PNF  Aceh :
1. Fitri yani
2. Riswandi, M.Pd
3. Khadijah, S,Pd.I.,M.Pd
4. Fachrurazi, M,Pd
5. Siti habsari pratiwi,M.Pd
6. Jelita, M.Pd
7. Noval fuadi
8. Rita mahriza, MS
9. Muhammad rizal
10. Arwani harfa, M.Pd
11. Damayanti, S.Pd.I
12. Sarrah verida clarissa, S,Pd.,M.Pd
13. Verawati M.Pd
14. Zulkarnaini, S.Pd.I.,M.Ed
15. Dewiriyanti
16. Zulkarnaini
17. Bakhtiar TB
18. Siti naila fauzia, S.Pd.,M.Pd
19. Saptiani, S.Pd.I.,M.Pd.I
20. Usfur ridha, S.Psi., M.Psi., Psikolog
21. Mahlianurrahman
22. Muhammad iqbal
23. Mariami
24. Murni
25. Israwati
26. Mursalin, S.Pd.,M.Pd
27. Fajri, S.Pd.I., M. Soc. Sc
28. Nurul islami
29. Rahmadi
30. Yulia Sary
31. Fithri Angelia Permana
32. Bernoully
33. Nurhayati
34. Ria ceriana, S.Si., M.Si
35. Baihaqi,S.Pd.,M.Si.
36. Chairul amni,S.T.,M.T
37. Jumilati
38. Nelli,S.Pd
39. Ronald fransyaigu,M.Pd
40. Susi triwulaningsih.S.Pd
41. Nelly Agustina,M.Pd.I
SHARE :
 
Top