Loading...

Para juara di Festival Literasi Sekolah foto bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin S.Pd M.Pd usai pembagian hadiah di Aula Grand Aceh Syariah, Lamdom, Aceh Besar.. Dok. IST
LAMURIONLINE.COM I ACEH BESAR - SMKN 1 Al Mubarkeya Aceh Besar berhasil menjuarai Festival Literasi Sekolah (FLS) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat Provinsi Aceh. FLS merupakan ajang lomba kreativitas siswa dalam membuat karya literasi vokasi.

Kegiataan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Aceh yang berlangsung mulai 26 sd 30 Juni 2019 di Aula Grand Aceh Syariah, Lamdom Aceh Besar dan ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Syaridin S.Pd M.Pd.

Ada tiga bidang yang diperlombakan yaitu Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi Nusantara yang diikuti oleh 10 Kabupaten, Sudut Baca Vokasi diikuti oleh 15 Kabupaten dan Moda Vokasi Literasi Bergerak diikuti oleh 13 Kabupaten.

Kepala Sekolah SMKN 1 Al Mubarkeya Baihaqi S.Pd M.Pd mengatakan pada FLS 2019 itu sekolahnya yang mewakili Kabupaten Aceh Besar mengirimkan 6 siswa terbaiknya sebagai kontingen Tim Literasi Sekolah dan didampingi oleh 3 pembimbing pada masing-masing bidang. 

“Alhamdulillah, setelah hasil lomba diumumkan oleh dewan juri FLS di acara penutupan, Tim Literasi SMKN 1 Al Mubarkeya berhasil merebut juara pada ketiga cabang tersebut,” kata Baihaqi, Sabtu (30/6).

Baihaqi menjelaskan Tim literasi SMKN 1 Al Mubarkeya berhasil meraih juara 1 bidang Lomba Sudut Baca Vokasi, atas nama Nabila Urrahmah dan Khairunisa sedangkan untuk bidang Lomba Cipta Buku Elektronik Tokoh Vokasi Nusantara mendapatkan juara 2, atas nama Muhammad Ulwy dan Ghazali Takary. Sementara Nuri Andriayani dan Azril Ahmad Fahrozi pada bidang Lomba Moda Vokasi Literasi Bergerak harus puas juara 3.

“kami sangat bersyukur atas capaian ini dan terima kasih kepada Tim Literasi SMKN 1 Al Mubarkeya yang telah berhasil membawa harum nama sekolah di tingkat Provinsi. Selamat juga kepada para pemenang, semoga terus meningkatkan semangat budaya literasi sekolah,” kata Baihaqi.

Ia menambahkan saat ini perkembangan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMKN 1 Al Mubarkeya kian berkembang pesat. Hal tersebut ditandai dengan antusiasnya warga sekolah (guru, siswa, tenaga kependidikan dan komite) dalam mengelorakan budaya literasi. Selain itu pihak sekolah juga terus memberikan dukungannya terhadap program-program yang bagus dan berkualitas.

“Bagi SMKN 1 Al Mubarkeya, juara pada ajang FLS merupakan suatu kebanggaan. Akan tetapi yang paling penting dan utama adalah budaya literasi itu haruslah berjalan maksimal di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kapasitas dan kreatifitas para siswa,” pungkas Baihaqi. (fitriadi/murdani)
SHARE :
 
Top