Loading...

dok. Husban (lamurionline.com)
LAMURIONLINE.COM I INDRAPURI- Untuk melahirkan generasi Qur'ani penghafal Al Qur,an dan mewujudkan generasi yang cinta Al Qur'an, Masjid Besar Abu Indrapuri, Sabtu (14/09) membuka Pendidikan Tahfiz Qur'an.

Dalam sambutannya Imam Masjid Besar Abu Indrapuri, Tgk Zulkifli Zakaria mengatakan melalui pendidikan Tahfiz Qur'an mampu memberikan manfaat luas sekaligus kontribusi bagi peningkatan kualitas generasi di Indrapuri, khususnya kemampuan menghafal Al Qu'an.

"Program ini sebenarnya sudah berjalan beberapa tahun lalu, karena semakin hari santri semakin bertambah dan  adanya donatur tetap maka perlu disosialisasikan agar masyarakat tahu dan dapat ambil bagian" ujar Tgk Zulkifli.

Pendidikan Tahfiz Qur'an Masjid Besar Abu Indrapuri, lanjut Tgk Zulkifli diwujudkan untuk mendidik para santri agar cinta kepada Al Qu'an dengan membaca, menghafal, memahami, mengamalkan serta berakhlak dengan akhlak Al Qur'an. 

"Tahfiz Qur'an Masjid Besar Abu Indrapuri juga ikut berpartisipasi membantu orang tua, membina dan mendidik anak-anak generasi islam agar tumbuh menjadi anak-anak yang shaleh dan shalehah serta berguna untuk bangsa dan negara" sebutnya.

Tgk Zulkifli juga menambahkan jika ada masyarakat yang berminat, bisa langsung menghubungi pihak Masjid Besar Abu Indrapuri untuk mendaftarkan anaknya dalam program ini.




Pendidikan Tahhfiz Qur'an ini terbagi dalam beberapa program diantaranya Tahfiz Murni (Menghafal Al Qur'an) dimana program ini dikhususkan kepada santri yang sudah benar bacaan Al Qur'annya baik dari segi tajwid, makharijul huruf dan kelancarannya. Sementara program Tahfiz (Menghafal A Qur'an) dengan metode Talqin (Meniru Bacaan) diperuntukkan untuk santri yang belum lancar membaca Al Qur'an atau sudah bisa membacanya namun belum sesuai dengan kaidah ilmu tajwid serta metode Muroja'ah (Mengulang-ulang Hafalan) untuk menguatkan hafalan supaya melekat kuat di dalam hati (Mutqin).

Program tersebut akan dijalankan sore hari, empat hari dalam seminggu dari Senin sampai Kamis Jam 16.30 - 18.00 WIB. 

Sementara Ustaz Prof Dr Mustanir Yahya MSc selaku Donatur mengatakan ide tahfiz ini sebenarnya sudah dilaksanakan oleh Pemkab Aceh Besar, mengingat peserta yang dari Indrapuri masih sangat minim, maka program ini perlu kembangkan di Masjid Besar Abu Indrapuri.

"Saya mengajak masyarakat dan semua pihak untuk berkontribusi, baik pemikiran, tenaga dan dana agar program ini dapat terus berjalan" tutur Mustanir.

Pembukaan Pendidikan Tahfiz tersebut dihadiri Muspika Indrapuri, Imam Masjid se-Kecamatan Indrapuri, Imuem Mukim Reukih, Remaja Masjid dan tokoh Indrapuri lainnya. (husban)
SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top