Loading...

dok. Website Pemerintah Aceh
LAMURIONLINE.COM I INDRAPURI - Warga Gampong Lampanah Tunong menyambut kedatangan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh, Dyah Erti Idawati MT dan Ketua Dekranasda Aceh Besar, Rahmah Abdullah dalam rangka kunjungan dan penyerahan paket bantuan ke pengrajin anyaman bili di Gampomg tersebut, Rabu (29/01). 

Sekretaris Gampong (Sekgam) Lampanah Tunong, Irwan M. Adam dalam kata sambutannya mengatakan kerajinan tangan ini sudah dibentuk pada tahun 1983 sebagai mata pencarian warga Lampanah Tunong sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat gampong. Saat ini, sebut Irwan bahan bakunya yang sangat sulit diperoleh menjadi kendala bagi pengrajin anyaman bili untuk menyelesaikan pesanan pelanggan. Padahal, kelompok anyaman bili Gampong Lampanah Tunong, lanjut Irwan hampir setiap tahun mendapatkan penghargaan dalam ajang pameran tingkat daerah yang diikuti.


dok. Almuthahari
Sementara Plt. Ketua Dekranasda Aceh, Dyah Erti Idawati MT menyebutkan dari berbagai gampong yang telah dikunjunginya, hasil olahan anyaman bili Lampanah Tunong lebih halus. Dyah Erti Idawati juga meminta kepada pengrajin anyaman bili agar mendidik generasi seterusnya agar terjaga produksi kerajinan tangan yang sudah ada ini. 

Dalam kunjungannya, Dyah Erti Idawati MT juga memberikan bantuan kepada masyarakat pengrajin agar memudahkan untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan melalui anyaman bili. 

Laporan @almuthahhari_bin_rusli
SHARE :
 
Top