Loading...

lamurionline.com-- Jakarta : Kepala kantor kementerian agama Kabupaten Aceh Besar H Abrar Zym SAg, senin (2/3) menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas)Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam di Auditorium HM Rasjidi Kemenag RI Jakarta.

Rakernas di buka oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi dan di ikuti oleh 671 peserta yang terdiri dari pejabat eselon I, II dan III pusat dan Kakanwil kemenag bersama Kakankemenag seluruh Indonesia.

Dalam arahannya Menteri Agama meminta Ditjen Bimas Islam agar focus terhadap visi pembangunan keagamaan yang tertuang dalam RPJMN 2020-2024. Terutama  penguatan moderasi, ekonomi umat dan penguatan dakwah.


Implementasi dan penguatan gerakan moderasi beragama melalui pendekatan dakwah, budaya dan pemberdayaan ekonomi secara lebih detail di jabarkan dalam 5 kegiatan prioritas ; 
a. Penguatan cara pandang, sikap dan praktik beragama.
b. Penguatan harmoni dan kerukunan umat beragama.
c. Penguatan relasi agama dan budaya.
d. Peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama.
e. Pengembangan ekonomi dan sumber daya keagamaan.

Menurut Kakankemenag  Aceh Besar H Abrar Zym SAg,  selama kegiatan Rakernas para peserta mendapatkan berbagai materi penting yang di sampaikan oleh  narasumber antara lain Ketua komisi VIII DPR RI H.Yandri Susanto SPt dengan materi "Dukungan legislatif pada penguatan anggaran dalam fungsi keagamaan".  Dirjen Bimas Islam Prof Dr Muhammadiyah Amin MAg tentang Target, sasaran pelaksanaan program dan anggaran tahun 2020: masalah aktual dan alternatif solusinya.

Sekretaris Ditjen Bimas Islam Drs H Tarmizi MM tentang monitoring dan evaluasi. Direktur pendidikan dan agama, Amich Al Humani Ph.D menguraikan tentang arah kebijakan dan perencanaan pembangunan bidang agama tahun 2020-2024.

Rakernas dengan tema Pengarusutamaan Gerakan moderasi beragama di Indonesia melalui pendekatan dakwah, budaya dan pemberdayaan ekonomi umat di harapkan menjadi momentum untuk perubahan, bukan hanya mengirim program semata tetapi juga memastikan delivery program kepada seluruh pimpinan kemenag di daerah.

Rel : Khalid Wardana
Editor : Red

SHARE :

0 facebook:

Post a Comment

 
Top