Loading...


LAMURIONLINE.COM I ACEH - Imbas mewabahnya Covid-19 dirasakan banyak orang, tak terkecuali para seniman yang ada di Aceh. Terutama kalangan seniman Aceh yang kurang mampu dan semakin terpuruk secara ekonomi akibat pembatasan sosial (social distancing). Ruang kreativitas mereka ikut terganggu dan apresiasi publik atas karya mereka pun semakin terbatas.

Sebab itu, Dewan Kesenian Aceh (DKA) membantu sejumlah sembako untuk para seniman kurang mampu tersebut sebagai bentuk kepedulian untuk sesama dan apresiasi atas karya mereka selama ini.

Ketua DKA Provinsi Aceh, Nurmaida Atmaja, Sabtu (11/04) berkunjung sekaligus bersilaturrahmi dan memberikan sedikit bantuan untuk seniman cagok Aceh, Agam Baba, di Indrapuri, Aceh Besar.



Nurmaida didampingi Ketua DKA Aceh Besar, Drs Burhanuddin MA saat pemberian sembako tersebut mengatakan, posko bantuan telah dibentuk yang terdiri dari para relawan Covid 19 DKA di Kompleks Taman Budaya Aceh sekaligus sekretariat DKA.

Saat ini di posko DKA telah terkumpul paket sembako berupa 10 Sak beras 10 Kg dari Kadisbudpar Kota Banda Aceh, 10 Paket Sembako dari Dandim 0101/BS dan 8 sak beras 5 Kg sumbangan Disbudpar Provinsi Aceh serta bantuan 10 sak beras 15 Kg dari Anggota DPR RI asal Aceh yang juga seniman Rafly Kande serta tambahan bantuan dari KASDAM Iskandar Muda. Bantuan berupa uang juga diberikan oleh beberapa rekan seniman lainnya.

"Semua paket bantuan itu telah kami salurkan untuk beberapa seniman yang ada di Aceh Besar dan Banda Aceh. Kami terus membuka donasi ini melalui No. Rekening BRI 391001004832532. Semoga bantuan ini bisa dirasakan oleh para seniman kurang mampu secara ekonomi dan terus bisa berkarya tanpa batas untuk kemajuan kesenian di Aceh tentunya" ujar Maida.

"Kami berharap bantuan ini bisa mengurangi sedikit beban sesama seniman yang belum terperhatikan akibat dampak Covid-19 ini dan apresiasi yang besar kami ucapkan untuk para donatur dan para seniman senior" lanjut Maida.

Sebelumnya paket bantuan juga telah diberikan untuk seniman tradisi Aceh, Syeh Sofyan Lhoong yang saat ini sedang mengalami sakit di kediamannya, gampong Gapuy, Lhoong, Aceh Besar.

"Bantuan juga sudah kita salurkan ke beberapa seniman yg ada di Aceh Barat, Aceh Selatan, Lhokseumawe, Langsa, Bireun, Lueng Putu, Aceh Utara, Aceh besar dan beberapa perwakilan seniman Banda Aceh" demikian Nurmaida Atmaja, Ketua Dewan Kesenian Aceh. (*)

Editor: Cek Abrar
Foto: Cek Man
SHARE :
 
Top