Loading...

lamurionline.com-- Aceh Besar : Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar Kamis (9/7) menggelar kegiatan pelatihan tajhiz jenazah untuk pemuda gampong Jantho Baru Kecamatan Kota Jantho di gedung serba guna gampong setempat.


Kegiatan ini di laksanakan dalam rangkaian pencanangan gampong Jantho Baru sebagai gampong tangguh Aceh oleh Polres Aceh Besar. Pembukaan pelatihan di lakukan oleh Kepala kankemenag Aceh Besar H Abrar Zym SAg yang di wakili Kasi Bimas Islam H Khalid Wardana MSi.


Peserta berjumlah 25 orang yang terdiri dari para pemuda dan kaum ibu dengan pemateri dari unsur penyuluh agama dan tenaga dayah.

Di laksanakan kegiatan pelatihan tajhiz jenazah tidak terlepas dengan kondisi ril dalam masyarakat saat ini, hampir semua gampong tidak ada regenerasi terhadap petugas yang mengurusi prosesi fardhu kifayah. Pada umumnya di tangani oleh orang orang yang sudah tua , bahkan ada gampong yang harus mendatangkan tenaga fardhu kifayah dari gampong lain.

Kantor kementerian agama kabupaten Aceh Besar menghimbau kepada pemerintahan gampong untuk terus mengaktifkan pengajian di gampong gampong, baik di meunasah ataupun balai pengajian dan TPQ, dan memasukkan pelajaran tentang fardhu kifayah sehingga semua gampong memiliki petugas yang menangani pelaksanaan fardhu kifayah.

Ril : KW
Red : CM
SHARE :
 
Top