Loading...

dok. IST
LAMURIONLINE.COM I NAGAN RAYA - Berlakunya Peraturan Bupati Nagan Raya Nomor 2 Tahun 2020 tentang SOTK Pemerintah Gampong menuntut Pemerintah Gampong melakukan penyesuaian Struktur Organisasi pemerintah Gampong.

Perangkat gampong sebagaimana diatur dalam Perbup diatas terdiri dari Sekretariat Gampong (Sekdes dan Kepala urusan), Pelaksana Teknis (Kepala Seksi) dan Pelaksana Kewilayahan (kepala Dusun). Jumlah Kepala Urusan dan kepala Seksi diseuaikan dengan Klasifikakasi Gampong (Swasembda, Swakrya dan Swadaya) yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati

Pengisian Perangkat Gampong  dapat dilakukan secara mutasi dan seleksi. Pengisian melalui Mutasi berlaku bagi perangkat Gampong sesuai SOTK lama yang masih aktif menjabat dengan ketentuan belum mencapai usia 60 tahun dan berijazah minimum SMU atau sederajat. Keuchik dapat melakukan rekrutmen tebuka untuk mengisi “peugawee Gampong” yang masih kosong pasca mutasi. 

Seperti diketahui baru-baru ini, sebanyak 34 dari 35 Gampong dalam Kecamatan Seunagan telah melaksanakan Ujian seleksi penerimaan perangkat gampong yang dipusatkan di Ibukota Kecamatan. Hanya Gampong Cot Lhee Lhee Perangkat diisi melalui jalur Mutasi.

Seleksi dilakukan oleh Tim Seleksi Gampong, difasilitasi oleh Pemerintah Kecamatan Seunagan turut dibantu tenanga pendamping professional/Pendamping Desa Kecamatan Seunagan yang  berpedoman pada  Keptusan Bupati Nagan Raya Nomor 14/167/Kpts/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengangkatan dan Pemebrhientian Perangkat Gampong dalam Kabupaten Nagan Raya.

Sejumlah 132 formasi dibuka untuk umum tersebar di 34 Gampong. Peserta harus memenuhi persayaratan antara lain, Ijazah Minimum SMU/sederajat, berusia paling rendah 20 tahun dan maksimal 42 tahun, mampu membaca A-Quran, Bebas dari Narkoba yang dibuktikan, serta persayaratan lainnya yang diatur dalam peraturan Perundangan.

Pengumuman lowongan Perangkat Gampong ini benar benar dimanfaatkan oleh masyarakat masing masing gampong dalam kecamatan Seunagan Hal ini terilihat dari tingginya antusiasme warga yang mendaftar pada panitia seleksi perangkat Gampong masing-masing. 

Salah seorang PLd sedang mengawasi Ujian Komputer

Para peserta sedang mengikuti ujian tulis dalam seleksi perangkat gampong
Setelah melewati tahapan validasi berkas lamaran, sebanyak 251 pelamar dinyatakan lulus dan berhak mengikuti ujian seleksi berupa tes tulis, tes Komputer dan wawancara oleh Masing masing keuchik Gampong. Pelaksanaan ujian berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 20 sampai 23 Juli 2020 yang dilaksanakan dipusat Kecamatan Seunagan.

Tingginya animo masyarakat untuk menjadi perangkat Gampong dibenarkan oleh T Amiruddin SSos,  salah seorang yang ditunjuk sebagai Tim Kecamatan untuk memfasiliatsi proses seleksi. 

“Luar Biasa, tinggi sekali minat warga Gampong untuk menjadi perangkat Gampong, bukan hanya laki-laki tetapi juga dari unsur perempuan, mulai dari lulusan SMU sampai Sarjana.” sebut Amiruddin, Jumat (24/07).

Lebih lanjut, Amiruddin yang saat ini dipercaya sebagai Kasubbag Umum dan Kepegawaian Setcam Seunagan menyebutkan bahwa jumlah peserta dengan Ijazah SMU/Sederajat 155 orang, D-II 6 orang, D-III 7 orang, S-I sebanyak 79 orang. Menariknya, bukan hanya laki-laki saja, malahan ada dari kaum perempuan yang melamar menjadi kepala dusun, Jumlah pelamar laki-laki 175 orang, sementara pelamar perempuan sejumlah 75 orang, tambahnya.

Saat disinggung mengenai kesiapan Pemerintah Kecamatan dalam menfasilitasi Seleksi ini, Amiriuddin yang turut didampingi  Pendamping Profesional Kecamatan Seunagan, Heri Juni Afisman, mengatakan bahwa Pemerintah Kecamatan Seunagan dari awal sudah berkomitmen untuk membantu Pemerintah Gampong dalam seleksi ini. 

"Kami didukung penuh oleh Tim Pendamping Desa Kecamatan Seunagan, rekan-rekan Pendamping DEsa bekerja luar biasa, mulai dari persiapan rekrutmen sampai hari ini. PD dan PLD bekerja siang dan Malam bahkan mereka menginap di Sekretariat Kecamatan. untuk itu, Terimakasih dan apresiasi dari kami Pemerintah Kecamatan untuk PD/PDt dan PLD serta Keuchik dalam Kecamatan Seunagan, pihak DPMGP4 serta Tenaga Ahli P3MD Kabupaten'" terang Amiruddin.

Hingga saat ini tahapan seleksi telah menyelesaikan ujian tulis, tes komputer dan wawancara dan diharapkan hasil seleksi dapat diumunkan dalam beberapa hari kedepan.

“Mohon doa dan dukungan kepada kami agar dapat menfasilitasi seleksi ini hingga selesai dan dapat melahirkan Abdi-abdi (Perangkat, red) gampong yang berkualitas, professional, jujur dan berintegritas, memiliki jiwa pengabdian untuk membangun gampong di Kecamatan Seunagan” pinta Amiruddin menutup pembicaraan. (mursyidan/rel)
SHARE :
 
Top