Loading...

dok. IST
LAMURIONLINE.COM | PIDIE JAYA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) H Irmawan S.Sos.MM mengunjungi Kabupaten Pidie Jaya Sabtu, (25/07).

Kunjungan tersebut dalam rangka Reses masa persidangan IV tahun 2020 sekaligus menindaklanjuti laporan salah satu tokoh Pidie Jaya Heri Ahmadi yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten setempat terkait keluhan warga terhadap banjir luapan Krueng Mereudu yang tak pernah tuntas.

Pada kunjungan tersebut Irmawan mengajak tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diwakili Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) I Aceh, Ir. Jaya Sukarno, M.Eng dan didampingi Wakil Bupati Pidie Jaya Drs H Said Mulyadi MSi.

H Irmawan saat meninjau Dayah Usen salah satu desa terdampak banjir mengatakan menyelesaikan persoalan banjir luapan ini harus di lihat secara komprehensif agar penanganannya kelak juga tuntas.

"Menyelesaikan bencana alam seperti banjir ini tidak cukup dengan indomie, beras maupun sarden, tapi kita harus melihat persoalan ini dari hulu hingga hilir" ucap Irmawan

Irmawan meminta kepada pemerintah Pidie Jaya dan Pihak BWS agar segera duduk bersama menyiapkan dokumen administrasi untuk diserahkan kepada kementerian PUPR.

"Bulan depan jika tidak ada kendala akan ada RDP dijakarta, saya akan serahkan dokumen penanganan banjir DAS Krueng Meuredu langsung kepada pak menteri, saya minta siapkan dokumen secara cepat dan benar" pinta Irmawan yang juga Ketua DPW PKB Aceh ini.

Kepala BWS Sumatera I Ir Djaya Sukarno M.Eng mengatakan  DAS Krueng Mereudu di Aceh ini merupakan kewenangan pemerintah pusat, kita mendapatkan laporan dari masrakat terkait kerusakan yang mengakibatkan luapan banjir.

Lebih lanjut pad 2019 sudah dilakukan penanganan sementara bersama pemkab pidie jaya dengan membuat cerucuk dan memindahkan sedimen dilokasi yang tergerus.

"Lebih cepat atas dukungan pemkab, dukungan DED, dukungan Pak Irmawan selaku Anggota Komisi V dpr ri yang bermitra dengan kementerian PUPR penanganan krueng meuredu akan dimasukan pada 2021" ujar Djaya Sukarno

Wakil Bupati Pidie Jaya H. Said Mulyadi,SE, M.Si menyampaikan apresiasi dan terima kasih perhatian dan kunjungan anggota DPR RI dalam menyerap aspirasi masyarakat di Pijay.

"Alhamdulillah hari ini kita kedatangan tim dari pusat yaitu Tim kementerian PUPR dan anggota DPR RI dari PKB pak irmawan, kita minta dukungan dari mereka untuk menyelesaikan persoalan banjir disini bisa tertangani dengan segera" ujar wakil Bupati akrab disapa Waled ini

Dari hasil kunjungan tersebut Said Mulyadi menjelaskan bahwa anggota DPR RI Dapil Aceh itu akan memasukan program pengendalian DAS Krueng Meureudu pada tahun 2021. (mun/rel)
SHARE :
 
Top